Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Periset Samsung Temukan Cara Sulap Foto Jadi Video

Periset Samsung hanya membutuhkan satu foto saja yang dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan. Temuan itu disebut tim Samsung dengan nama "realistic neural talking heads".

Sesuai namanya, sistem ini akan membuat sebuah foto wajah seolah-olah berbicara dengan gerakan wajah yang terlihat lebih realistik. Sistem ini menggunakan tahapan meta-learning yang sangat panjang.

Sistem akan mempelajari banyak video untuk menentukan bagaiama wajah manusia bergerak.
Data ini kemudian diaplikasikan untuk membuat foto tetap (still) menjadi video realistik.

Secara spesifik, setidaknya ada tiga tahap yang harus dilalui. Pertama, sistem akan membuat "embedded network" yang terhubung dengan frame yang terkait dengan landmark alias ciri khas di wajah atau sektsa wajah dengan vektor.

Dari data itu, sistem akan membuat "generator network" untuk memetakan landmark ke video buatan. Terakhir, discriminator network akan memindai kerealistikan dan pose dari frame yang dihasilkan.

Agak berbeda dengan video dari software deepfake, hasil video dari sistem ini mengurangi beberapa detail. Salah satu yang paling terlihat dari demo video yang ditampilkan adalah saat mengubah foto aktris dan penyanyi legendaris Marilyn Monroe.

Tampak dari hasil rendering video, tahi lalat ikonik sang diva menghilang saat berbicara. Hal itu dikarenakan video sintesis tersebut dimiripkan dengan siapapun yang menjadi acuan gerakan wajah, tidak harus subyek yang sama.

Itu lah mengapa pada video Mona Lisa yang juga muncul di video demo, gambar yang bergerak seakan seperti orang yang berbeda.

Tim riset Samsung mengatakan, penemuan terbaru mereka bisa diaplikasikan untuk multimedia seperti telepresence, vidoeconference, dan game multi player, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Minggu (26/5/2019).

Kemampuan AI untuk membuat video palsu macam ini belakangan menjadi sorotan karena bisa dipakai untuk menyebarkan kabar bohong. Misalnya, dengan membuat video porno yang seolah-olah dibintangi selebriti, atau memalsukan rekaman video tokoh politik. 

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/26/03450047/periset-samsung-temukan-cara-sulap-foto-jadi-video

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke