Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Kecepatan Internet Telkomsel di "Rest Area" Tol Tangerang-Merak

Menurut GM External Communications Telkomsel, Denny Abidin, untuk titik-titik keramaian di rest area jalan tol, Telkomsel melakukan upgrade kapasitas jaringannya dengan menggunakan 4G TDD di frekuensi 2.300 MHz.

Tim Mudik Smart KompasTekno yang menjelajahi jalur Jakarta-Lampung pada minggu lalu, juga sempat menguji sinyal Telkomsel di rest area sepanjang tol Tangerang-Merak, termasuk di KM 42 dan KM 68, rest area terakhir sebelum ke pelabuhan penyeberangan Merak.

Seperti sebelumnya, uji kecepatan sinyal internet dilakukan menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf. Selain itu, tim Mudik Smart KompasTekno juga menjajal pengalaman berinternet dengan membuka media sosial, streaming YouTube, dan browsing.

Uji sinyal Speedtest dan nPerf yang dilakukan di rest area KM 42 maupun KM 68 secara umum menunjukkan hasil yang memuaskan.

Kecepatan download  di kedua rest area tersebut adalah 22 Mbps di angka terendah, dan 88 Mbps di angka tertinggi, dengan latensi yang tergolong rendah, yakni 19 ms.

Pengalaman menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter juga terasa lancar. Streaming YouTube menggunakan resolusi 1080p masih dimungkinkan.

Telkomsel sendiri mengklaim di jalan utama dan jalan tol Trans Jawa (termasuk tol Tangerang-Merak), kekuatan sinyalnya mencapai 98,39 persen, dengan success call mencapai 99,39 persen.

Metode pengujian

Dalam uji jaringan kali ini, KompasTekno memposisikan diri sebagai pelanggan Telkomsel yang menggunakan internet untuk pemakaian standar, seperti browsing, streaming video, dan media sosial.

Selain itu, kami juga menguji kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf. Dari aplikasi ini, kami bisa mendapat rata-rata kecepatan download, upload, dan latency (ping).

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/29/03200067/menjajal-kecepatan-internet-telkomsel-di-rest-area-tol-tangerang-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke