Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Hapus Iklan Politik Huawei

Facebook yang bermarkas di Menlo park, California, AS itu dilaporkan menghapus sejumlah iklan Huawei karena dianggap terlalu politis yang beredar di layanannya karena dinilai "tidak transparan" dan "terkait politik dan kepentingan nasional".

Salah satu iklan Huawei yang dihapus, misalnya, menayangkan Deputy Chairman Huawei Ken Hu yang berbicara soal "mencampur politik dengan teknologi" di Postdam Conference on National Cybersecurity.

"Kami tidak ingin melihat tembok baru lainnya, baik dalam hal perdagangan maupun teknologi. Apa yang kita butuhkan adalah ekosistem global yang terintegrasi," bunyi teks yang tertulis di poster iklan tersebut, mengutip perkataan Hu.

Iklan ini menyasar lebih dari satu juta pengguna Facebook dan marak beredar di India. Di arsip pustaka iklan facebook, tidak disebutkan siapa yang membayar untuk penayangan iklan terkait.

Padahal, dalam kebijakan iklan Facebook, pengiklan harus menerangkan dengan jelas siapa yang mensponsori iklan dalam kategori isu sosial, pemilu dan politik.

Iklan sejenis juga beredar di Eropa. Kali ini menampilkan cuplikan video dari Huawei EU Communication Executive, Jakub Hera Adamowocz dan Director of Cybersecurity and Privacy, Sophie Batas.

Perwakilan Facebook mengatakan, iklan itu dihapus karena Facebook tidak diperbolehkan menjalankan iklan berbau politik di Uni Eropa, sebagaimana KompasTekno himpun dari Business Insider, Selasa (18/6/2019).

Penayangan iklan agaknya merupakan salah satu cara Huawei untuk melawan narasi AS dan para sekutunya, terkait tudingan soal kegiatan mata-mata yang diduga dilakukan oleh perusahaan itu untuk pemerintah China.

Ranah iklannya pun juga bukan hanya online, tapi juga merambah media lain seperti koran. Bukan Februari lalu, Huawei sempat menayangkan iklan sehalaman penuh di Wall Street Journal dengan judul "Jangan Percaya Semua yang Anda Dengar".

Di luar iklan, Facebook sendiri telah memutuskan hubungan bisnisnya dengan Huawei, menyusul perusahaan AS lainnya. Dengan begitu, smartphone Huawei yang akan datang tidak akan mendapatkan aplikasi Facebook bawaan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/18/11290057/facebook-hapus-iklan-politik-huawei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke