Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akui Jejalkan Iklan di "Lockscreen" Ponsel, Huawei Minta Maaf

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Huawei mengakui telah menaruh iklan pada bagian lockscreen yang membuat pengguna menjadi tak nyaman. Atas kesalahan tersebut, pihak Huawei pun meminta maaf.

Dalam sebuah pernyataannya, Huawei mengakui bahwa mereka memang seharusnya tidak menaruh iklan pada lockscreen tersebut. Huawei mengatakan hal tersebut adalah ide yang buruk dan sebuah kesalahan yang membuat pengguna menjadi merasa terganggu.

Huawei pun mengatakan, iklan tersebut memberi dampak negatif dan membuat pengalaman pengguna dalam menggunakan smartphone menjadi tak maksimal.

Dalam pernyataannya, Huawei juga menegaskan bahwa iklan yang muncul pada bagian lockscreen atau tampilan saat perangkat dalam keadaan terkunci, sudah dihapus dari server Huawei.

Artinya, pengguna seharusnya tidak akan lagi mendapati adanya iklan pada bagian tersebut di masa mendatang.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (18/6/2019), Huawei mengatakan, iklan tersebut muncul dalam bentuk wallpaper yang terpasang pada ponsel milik pengguna.

Sehingga pengguna yang mendapati adanya iklan tersebut, harus menghapus wallpaper secara manual dari ponsel miliknya.

Sebelumnya, Huawei dilaporkan mulai menampilkan iklan di layar kunci (lockscreen) ponsel, seperti yang telah dilakukan Xiaomi sebelumnya pada tampilan antarmuka MIUI.

Namun bagi Huawei, tampilan iklan di lockscreen ini adalah pertama kalinya, dan sejumlah pengguna mengeluhkan hal tersebut.

Para pengguna mengeluhkan keberadaan iklan tersebut melalui forum Reddit. Mereka mengaku melihat adanya iklan di ponsel Huawei ketika ponsel dalam keadaan terkunci.

Seorang pengguna Reddit dengan nama Quacksnooze pun mengirimkan tangkapan layar iklan yang ia temukan. Iklan tersebut berasal dari Booking.com yang secara tiba-tiba muncul pada ponsel mereka.

Iklan tersebut muncul di beberapa jenis ponsel Huawei. Bukan hanya tipe ponsel dengan harga yang murah, pada ponsel kelas atas seperti P20 pun iklan tersebut muncul secara tiba tiba.

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/18/16310017/akui-jejalkan-iklan-di-lockscreen-ponsel-huawei-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke