Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Perbaiki Hasil Foto "Peyang" karena Lensa "Ultra-Wide" di Ponsel

Sayangnya ada kekurangan berupa distorsi yang bisa membuat bangunan jadi tampak miring. Sementara, wajah orang di foto bisa terlihat "peyang" seolah tertarik (stretched), terutama untuk orang yang berada di pinggir frame foto.

Koreksi distorsi semacam ini sulit dilakukan lantaran perubahan untuk "meluruskan" wajah peyang tadi malah bisa mempengaruhi tampilan subyek lain dalam foto.  

Nah, sekelompok peneliti dari Google dan kampus Universitas Massachussetts Institute of Technology (MIT) belakangan mengembangkan software khusus untuk mengatasi masalah distorsi lensa ultra-wide dengan mudah dan otomatis.

Software dimaksud merupakan algoritma content aware yang bisa mengenali isi foto, lantas memperbaiki tampilan hanya di bagian wajah yang terdistorsi dengan teknik warping mesh.

"Algoritma ini sepenuhnya bekerja secara otomatis dan beroperasi dengan tingkat interakfif di platform mobile," tulis tim peneliti dalam laporan riset pengembangan software yang bersangkutan.

Mereka menyebutkan bahwa sang software bisa bekerja memperbaiki distorsi wajah di hasil jepretan kamera berlensa lebar dengan cakupan bidang pandang mulai 70 derajat hingga 120 derajat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (19/6/2019), lantaran para peneliti dalam proyek ini dipekerjakan oleh Google, ada peluang software koreksi distorsi tersebut nantinya akan diterapkan di ponsel seri Pixel bikinan sang raksasan interet.

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/20/14230087/google-perbaiki-hasil-foto-peyang-karena-lensa-ultra-wide-di-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke