Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekali Klik, Prosesor Intel Bisa Dibikin Ngebut

Biasanya overclocking dilakukan dengan mengubah aneka setting rumit di BIOS komputer, mulai dari pengaturan frekuensi hingga voltase.

Nah, pekan ini Intel merilis aplikasi bernama Performance Maximizer untuk mempermudah proses overclocking, sehingga bisa dilakukan hanya dengan sekali klik dari dalam Windows.

Dalam keterangan di situsnya, Intel mengatakan bahwa Performance Maximizer menganalisis setting prosesor, kemudian melakukan pengaturan untuk meningkatkan performa lewat overclocking. Semuanya dilakukan secara otomatis.

“Tool ini mempermudah tuning prosesor Intel tipe unlocked berdasarkan potensi kinerja individualnya,” sebut Intel.

Selengkapnya, prosesor yang didukung adalah Core i9-9900K, Core i9-9900KF, Core i7-9700K, Core i7-9700KF, Core i5-9600K, dan Core i5-9600KF. Syarat tambahannya, komputer mesti memiliki RAM minimal 8 GB dan ruang penyimpanan 16 GB.

BIOS motherboard juga perlu diperbarui, semua core prosesor dibuka, lalu fitur Processor Core Overclocking, Turbo Boost 2.0, dan Hyper-Threading diaktifkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Sabtu (22//6/2019).

Meski terkesan lebih aman dibandingkan overclocking secara manual, Intel tetap memperingatkan bahwa praktik menggenjot kecepatan prosesor di luar standarnya tetap bisa merusak, atau mengurangi umur komponen tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/22/08320097/sekali-klik-prosesor-intel-bisa-dibikin-ngebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke