Salin Artikel

Studi: WhatsApp Hindarkan Orang dari Rasa Kesepian

Beberapa riset mengatakan bahwa terlalu aktif di media sosial, membawa dampak buruk bagi kesehatan mental, seperti timbulnya rasa frustasi dan iri.

Namun, media sosial tidak melulu berdampak buruk. Sebuah studi mengungkap bahwa semakin sering menggunakan WhatsApp setiap hari membuat orang tidak merasa kesepian.

Temuan itu dimuat dalam studi berjudul "Psychosocial Outcomes Associated with Engagement with Online Chat Systems" yang dipublikasikan dalam jurnal Human-Computer Studies.

"Lebih banyak waktu yang dihabiskan orang untuk mengakses WhatsApp, akan lebih membuat pengguna merasa dekat dengan teman dan keluarga, mereka juga menganggap hubungan ini menjadi hubungan yang berkualitas," jelas Linda Kaye, profesor di Universitas Edge Hill.

Semakin erat ikatan pertemanan dan semakin kuat pengguna merasa terafiliasi dengan Grup WhatsApp, mereka akan merasa bahwa harga diri dan kompetensi sosialnya lebih positif.

Kendati grup WhatsApp banyak dikeluhkan karena tak jarang menimbulkan frustasi, penelitian Kaye justru mengatakan bahwa grup WhatsApp mengurangi rasa kesepian.

"Penelitian ini menunjukkan bagaimana faktor terkait ikatan sosial menjadi sangat relevan dalam bidang ini, untuk memahami bagaimana penggunaan teknologi yang berhubungan dengan kesejahteraan psikososial," kata Kaye, dilansir KompasTekno dari Gadgets 360, Senin (1/7/2019).

"Hal ini memperlihatkan bahwa teknologi sosial seperti WhatsApp, bisa menstimulasi hubungan yang sudah ada dan memberi kesempatan untuk berkomunikasi, hal itu bisa meningkatkan aspek kesejahteraan yang positif bagi pengguna," tambah Kaye.

Studi ini melibatkan 200 pengguna yang terdiri dari 158 wanita dan 42 pria dengan rata-rata usia 24 tahun. Rata-rata responden menghabiskan waktunya untuk mengakses WhatsApp selama 55 menit.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/01/15050087/studi-whatsapp-hindarkan-orang-dari-rasa-kesepian

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.