Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Siapkan "Fast Share" untuk Android Q, Mirip AirDrop di iOS

KOMPAS.com - Fitur berbagi file, musik, dan video di sistem operasi Android via konektivitas Near-Field Communication (NFC) telah disematkan di dalam sistem operasi (OS) ponsel Android sejak versi 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Bahkan fitur yang bernama Android Beam tersebut masih ada hingga sekarang di OS Android 9.0 Pie, meski relatif kurang populer di kalangan pengguna Android. Pemakaiannya repot karena dua perangkat yang berkirim file harus saling menempel atau berdekatan. 

Kini muncul kabar bahwa Android Beam akan ditiadakan di sistem operasi Android Q mendatang. Sebagai penggantinya, Google menyiapkan fitur baru bernama "Fast Share" yang lebih praktis dan berjangkauan jauh.

Alih-alih NFC yang terbatas jarak, Fast Share disebut mengandalkan konektivitas WiFi dan Bluetooth untuk terkoneksi secara nirkabel, juga GPS untuk mencari perangkat lain di sekitar.

Bisa dibilang kemampuan Fast Share mirip dengan AirDrop yang selama ini dipakai pengguna gadget iOS. Sama dengan Android Beam dan AirDrop, Fast Share memungkinkan pengguna berbagi file dokumen, musik, video, URL, dan teks.

Cara menggunakan Fast Share di Android Q dibeberkan oleh 9to5 Google. Fitur ini bisa diakses dari menu "Share" setelah pengguna memilih file, foto, atau video, sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno, Selasa (2/7/2019).

Kemudian, dari menu "Share", pilih opsi "Fast Share". Di sini, pengguna bisa menamai perangkat mereka sekaligus mencari perangkat lain yang memiliki fitur Fast Share.

Kemudian, mereka bisa memilih perangkat yang berada di dalam jangkauan untuk mengirim file yang awalnya dipilih.

Pengguna perangkat tujuan lantas bisa memilih opsi "Accept" untuk menerima file tersebut atau "Decline" untuk menolak pengiriman file, mirip seperti mekanisme berbagi file via Bluetooth. Kedua pilihan tersebut akan muncul sebagai notifikasi di perangakt tujuan.

Untuk saat ini, fitur Fast Share disebutkan baru tersedia untuk smartphone seri Pixel terkini seperti Pixel 3XL yang sudah menjalankan OS Android Q

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/02/10260097/google-siapkan-fast-share-untuk-android-q-mirip-airdrop-di-ios

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke