Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Racun Sarin Terdeteksi di Markas Facebook, Empat Gedung Dievakuasi

Laporan yang beredar menyebut sebuah paket mencurigakan ditemukan di gedung fasilitas persuratan kantor Facebook yang berlokasi di Menlo Park, Amerika Serikat.

Mesin pemindai mendeteksi paket tersebut mengandung senyawa beracun sarin. Menurut laporan dari NBC Bay Area, perwakilan Facebook mengatakan tidak ada pegawai yang terpapar zat racun itu. Para pegawai dari empat gedung telah dievakuasi.

"Saat ini, tiga di antara empat gedung tersebut telah aman untuk dimasuki kembali. Keamanan pegawai kami adalah prioritas," ujar perwakilan Facebook.

Menurut perwakilan Facebook, paket itu dikirimkan ke salah satu ruangan penyuratan sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat. Tidak ada informasi yang jelas di paket itu.

Senyawa sarin terdeteksi di dalam sebuah tas surat saat sedang dilakukan pemindaian rutin. Sarin merupakan cairan sangat beracun yang tidak berwarna dan tidak berbau. Sarin bisa menguap dalam bentuk gas, serta kerap dipakai dalam perang dan tindakan terorisme.

Biro Investigasi Federal AS (FBI) dan beberapa agensi pemeritnah lain telah mendatangi kantor Facebook untuk menangani kasus tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet  Selasa (2/7/2019).

Ini bukan kali pertama perusahaan teknologi menjadi target serangan. Tahun 2018 lalu, seorang wanita menembak tiga orang di markas besar YouTube.

Wanita itu kemudian menembak dirinya sendiri dengan senjata api yang sama. Konon, wanita yang teridentifikasi bernama Nasim Aghdam itu melakukannya karena menganggap YouTube bertindak diskriminatif terhadap dirinya.

Aghdam pernah mengunggah sebuah video pada tahun 2017 lalu dan mengatakan bahwa konten di akun YouTube miliknya disaring secara sepihak oleh YouTube. Facebook sendiri juga pernah mengevakuasi pegawainya setelah mendapat ancaman bom.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/02/12090047/racun-sarin-terdeteksi-di-markas-facebook-empat-gedung-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke