Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mudah Membersihkan RAM iPhone

Setiap smartphone memiliki komponen bernama Random Access Memory (RAM) di dalamnya. Komponen RAM itulah yang bekerja lebih keras ketika smartphone membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

iPhone pun demikian. Bila penggunaan RAM semakin besar, maka dampaknya akan membuat kinerja iPhone melambat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Agar performa iPhone kembali seperti semula, salah satu cara yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan membersihkan atau mengosongkan memori RAM. Cara membersihkannya pun cukup mudah.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDnet, Selasa (2/7/2019), ada dua cara yang harus dilakukan untuk membersihkan RAM. Kedua cara ini bergantung pada jenis iPhone yang digunakan, apakah iPhone tersebut memiliki tombol fisik "home" atau tidak.

iPhone dengan tombol fisik Home

Untuk iPhone lawas yang memiliki masih memiliki tombol "home", pengguna cukup menekan tombol power yang ada di bagian sisi ponsel sampai muncul tulisan "slide to power off".

Lepaskan tombol power ketika tulisan tersebut telah muncul di layar. Kemudian, tekan tombol "home" beberapa detik hingga layar kembali ke tampilan awal dan lepaskan tombol tersebut.

Dengan cara di atas, RAM iPhone milik Anda sudah bersih kembali dan dapat bekerja lebih cepat.

iPhone tanpa tombol fisik Home

Lantas bagaimana dengan iPhone yang tidak lagi memiliki tombol fisik "home" seperti iPhone X? Caranya, Anda harus mengaktifkan fitur assistive touch terlebih dahulu.

Dengan Assistive touch, ponsel akan menampilkan sebuah tombol "home" secara virtual. Tombol inilah yang akan digunakan untuk membersihkan RAM iPhone.

Untuk mengaktifkan Assistive touch, cukup masuk ke menu "settings", kemudian pilih bagian "general" dan "accessibility". Pada menu tersebut Anda akan menemukan pilihan "Assistive touch". Anda cukup mengganti tombol ke pilihan "on".

Setelah Assistive touch menyala, cara berikutnya sama seperti cara pertama. Tinggal menekan tombol power hingga muncul tulisan "slide to power off". Kemudian tekan tombol "home" virtual yang ada pada Assistive touch selama beberapa detik.

Dengan begitu, performa iPhone milik Anda akan kembali optimal. Selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/02/20080097/tips-mudah-membersihkan-ram-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke