Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook, WhatsApp, dan Instagram Sudah 4 Kali "Down" Bersamaan di 2019

Gangguan pertama terjadi pada bulan Januari lalu. Namun kala itu, hanya dua layanan yang mengalami gangguan, yakni Instagram dan WhatsApp, yang tidak dapat digunakan di sejumlah wilayah dunia.

Kemudian gangguan kedua dan yang terparah dialami ketiga layanan ini pada pertengahan Maret 2019. Ketika itu, baik Facebook, Instagram, maupun WhatsApp sama-sama mengalami gangguan selama berjam-jam dari pagi hingga tengah hari.

Saat itu muncul dugaan di antara para netizen bahwa Facebook tengah diserangoleh peretas, tapi dugaan tersebut segera ditepis oleh Facebook dengan mengatakan penyebabnya adalah gangguan server.

Satu bulan setelahnya, pada April, ketiga layanan ini kembali mogok untuk ketiga kalinya pada 2019. Ketika itu pengguna Instagram mengeluhkan sulit mengunggah konten, bahkan fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, Direct Message, dan aliran feed tidak dapat digunakan.

Sementara untuk layanan WhatsApp, pengguna melaporkan mengalami kesulitan dalam mengirim maupun menerima pesan. Panggilan suara dan video pun tidak bisa dilakukan.

Dilihat dari sebaran peta DownDetector.com, gangguan yang terjadi pada layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook utamanya dirasakan di Benua Eropa dan Amerika, tapi juga banyak dikeluhkan oleh para penggunanya di Indonesia.

Saat error berlangsung, banyak pengguna ketiga layanan itu yang mengeluh tidak bisa menunduh dan mengunggah file media seperti foto atau video. Ada pula yang tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Pengguna Instagram mengaku gagal memuat Stories sementara pengguna Facebook kesuliltan mengalami log-in, dan tidak bisa memuat Facebook Stories serta foto.

Facebook menyatakan gangguan kali ini disebabkan oleh kesalahan sistem pada saat maintenance. Jejaring sosial itu pun meminta maaf lewat akun resminya di Twitter.

"Kami menyadari bahwa beberapa pengguna kesulitan mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file lainnya di aplikasi kami. Mohon maaf atas masalahnya," kicau Facebook.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/04/12280077/facebook-whatsapp-dan-instagram-sudah-4-kali-down-bersamaan-di-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke