Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inikah 5 Fitur WhatsApp yang Akan Segera Hadir di 2019?

Layanan pesan instan yang dimiliki oleh Facebook itu disinyalir sedang menyiapkan sejumlah fitur anyar untuk diterapkan di tahun ini.

Setidaknya ada 5 fitur yang kehadirannya bisa dinanti pada 2019. Apa saja? Simak pemaparan selengkapnya sebagai berikut. 

1. Berbagi status WhatsApp ke platform lain

WhatsApp belakangan dikabarkan tengah menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan status WhatsApp ke Facebook, Instagram Stories, dan layanan Google.

Opsi membagikan ke Facebook akan muncul di bawah status WhatsApp pengguna. Ketika opsi tersebut diklik, maka status WhatsApp akan langsung dibagikan ke Facebook Story atau Instagram Stories.

Fitur ini sedang diuji coba ke beberapa pengguna WhatsApp versi beta. Meski begitu, masih belum diketahui kapan WhatsApp akan menerapkannya ke versi final. 

2. Dark mode

Dark mode atau tema tampilan serba gelap sedang menjadi tren di dunia aplikasi komputer dan mobile. WhatsApp pun agaknya tak mau ketinggalan.

Mode gelap disebut-sebut lebih nyaman untuk mata, selain bisa menghemat pemakaian baterai perangkat, terutama untuk yang memiliki jenis layar OLED.

Setelah sempat dirumorkan selama beberapa waktu, fitur dark mode WhatsApp diperkirakan akan hadir untuk para penggunanya tahun ini. 

3. Kunci percakapan dengan sidik jari

Beberapa pengguna WhatsApp biasanya "mengunci" aplikasi pesan singkat ini dengan aplikasi pengunci pihak ketiga, seperti App Locker.

Namun, ke depannya, mereka tidak perlu aplikasi-aplikasi tersebut. Pasalnya, WhatsApp dilaporkan bakal kedatangan fitur otentikasi via sidik jari yang bisa mengunci percakapan, kemudian meminta verifikasi fingerprint sebelum bisa dibuka kembali. 

Nantinya, pengguna bakal bisa "mengunci" aplikasi WhatsApp mereka dengan sistem keamanan biometrik fingerprint tanpa perlu aplikasi lain. 

4. Tambah kontak via kode QR

WhatsApp juga dikabarkan tengah menyiapkan sebuah fitur yang memudahkan penggunanya berbagi kontak, yaitu fitur tambah kontak via kode QR.

Dengan fitur tersebut, pengguna WhatsApp nantinya bisa menambahkan kontak WhatsApp  hanya dengan menunjukkan kode QR orang yang ingin ditambahkan ke dalam kontak, serupa dengan aplikasi chatting WeChat atau Line.

Selama ini, untuk menambah kontak WhatsApp, pengguna harus terlebih dahulu menyimpan nomor ponsel milik orang dimaksud ke dalam aplikasi kontak di ponsel. 

5. Mengurutkan kontak yang sering dihubungi

Ketika melihat daftar kontak di aplikasi WhatsApp, maka pengguna bakal disodori  daftar kontak yang diurutkan berdasarkan abjad.

Namun, nantinya tidak demikian. Sebab, WhatsApp diduga bakal mengurutkan kontak pengguna, dimulai dari kontak yang sering dihubungi terlebih dahulu.

Fitur ini disebut bakal segera diluncurkan oleh WhatsApp dalam waktu dekat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BusinessToday, Senin (8/7/2019).

Jadi, fitur mana yang paling Anda tunggu? 

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/08/16370087/inikah-5-fitur-whatsapp-yang-akan-segera-hadir-di-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke