Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Pemakaian Data Internet IGTV Vs YouTube, Mana yang Lebih Boros?

Perbincangan itu menyeruak manakala salah satu komedian sekaligus sineas, Ernest Prakasa melempar pertanyaan tersebut di Twitternya, @ernestprakasa.

Beberapa pengikut Ernest pun menjawab dan saling menimpali. Kebanyakan dari mereka berpendapat behwa Instagram IGTV lebih boros ketimbang YouTube.

Pengujian Instagram IGTV Vs YouTube

Sebelum mengukur konsumsi data antara IGTV dan YouTube, riwayat penggunaan data semua aplikasi di-reset terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil pengukuran yang mendekati valid.

Video juga disiapkan untuk bisa langsung diputar tanpa perlu melakukan penelusuran lebih dulu saat pengukuran konsumsi data dilakukan.

Dalam pengujian kali ini, KompasTekno menggunakan video "Hands On Realme 3 Pro Rp 3 Jutaan" yang sudah terunggah di YouTube dan Instagram @kompas.tekno.

Video berdurasi 6:27 detik ini diatur dalam resolusi yang sama, yakni 720p di YouTube (bukan layar penuh) dan saat diunggah ke Instagram IGTV. Resolusi tersebut adalah resolusi minimal yang disarankan untuk IGTV.

Hasil pengukuran tetap konsisten dalam pengujian yang dilakukan beberapa kali.

KompasTekno  mendapati bahwa YouTube masih tetap boros ketimbang Instagram IGTV untuk video yang sama di resolusi yang sama pula. YouTube menghabiskan data 62,7 MB sementara Instagram menghabiskan 34,6 MB.

Perlu diingat bahwa dalam uji coba pertama ini, mode hemat data di Instagram tidak diaktifkan. Mode tersebut baru diaktifkan dalam uji coba kedua.

Hasil terbalik

Di uji kedua ini, KompasTekno mengatur resolusi video YouTube pada 144p, yang merupakan resolusi paling rendah. Sementara pada Instagram, pemutaran video resolusi tinggi di-nonaktifkan dengan mengatur setting di opsi "tidak pernah",

Penurunan kualitas video di YouTube dan Instagram IGTV ternyata berhasil memangkas penggunakan data internet secara signifikan, tapi urutannya jadi terbalik.

Konsumsi data Instagram berkurang setengah dari 34,6 MB menjadi 16,2, sementara YouTube berkurang drastis dari 62,7 MB menjadi 5,84 MB hingga menjadi di depan IGTV soal penghematan data.

Meski demikian, perlu ditambahkan bahwa setting 144p merupakan resolusi terendah YouTube sehingga kualitasnya pun paling buruk. Secara visual, tampilan video YouTube dengan resolusi 144p tak sebagus video di IGTV dengan setting penghemat data.

Tidak ada keterangan berapa resolusi video yang ditampilkan oleh Instagram IGTV saat pemutaran video resolusi tinggi dinonaktifkan.

Bagaimana jika setting resolusi YouTube diatur menjadi angka lain? Tentu, kualitas video dan konsumsi datanya akan berubah lagi.

Saat KompasTekno mengatur resolusi menjadi 360p, konsumsi data YouTube untuk video ini meningkat jadi 8,49 MB, tapi kualitasnya bisa dibilang hampir sama dengan Instagram IGTV saat menonaktifkan pemutaran video resolusi tinggi.

IGTV Bisa Lebih Boros

Kendati demikian, anggapan bahwa IGTV lebih boros kuota ketimbang YouTube di resolusi yang sama, bisa jadi benar. Sebab, IGTV belum menyediakan fitur untuk menonaktifkan pemutaran vide secara otomatis (auto-play).

Instagram juga belum menyediakan fitur khusus untuk mengubah resolusi video untuk IGTV layaknya YouTube. Belum lagi, konsumsi data saat membuka linimasa utama Instagram sudah cukup banyak.

Dirangkum KompasTekno dari Wirefly, Senin (8//7/2019), untuk memuat 40 foto dalam sekali waktu, Instagram menghabiskan 1MB. Semetara Instagram Stories bisa menghabiskan data hingga 8MB.

Konsumsi data bisa lebih bertambah banyak apabila pengguna mencari IGTV di menu explore yang memuat banyak foto dan video dalam satu tampilan layar.

Di sisi lain, YouTube bisa jadi lebih hemat karena banyak operator seluler menawarkan bonus kuota atau bahkan akses unlimited untuk menonton YouTube.
.
Terlebih, Google juga menyediakan alternatif YouTube Go yang memang ditujukan untuk wilayah dengan jaringan labil dan konsumsi data yang minim.

Ganti Strategi

IGTV memang belum sesukses Instagram Stories, setidaknya hingga hari ini. Namun Instagram terus melakukan beberapa penetrasi, seperti mengijinkan format video yang awalnya hanya vertikal, kini menerima format horisontal seperti YouTube.

Instagram juga mulai mempromosikan IGTV di feed Instagram untuk menarik lebih banyak penonton. Belum ada laporan resmi dari Instagram, apakah kedua perubahan ini cukup mendongkrak penonton dan kreator IGTV atau tidak.

Pada akhirnya, konsumsi data kembali pada kenyamanan pengguna. Jika ingin lebih hemat bisa mengatur video YouTube pada resolusi paling rendah dan mengaktifkan mode hemat data di Instagram. Selamat menggunakan data dengan lebih bijak!

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/08/20070097/uji-pemakaian-data-internet-igtv-vs-youtube-mana-yang-lebih-boros-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke