Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Bertemu Prabowo, Pendukung di Twitter Terbelah Senang dan Sedih

Jokowi bertemu Prabowo di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019) pagi. Keduanya nampak berbaju putih, dan saling berjabat tangan saat bertemu.

Warganet pun beraksi atas pertemuan Jokowi dan Prabowo di Twitter. Tagar #03IndonesiaBersatu pun digaungkan. Reaksi pertemuan Jokowi dan Prabowo pun beragam. Ada yang menanggapinya secara optimis/senang, ada pula yang pesimis/sedih.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam kicauannya memetakan beragam reaksi warganet saat Jokowi bertemu Prabowo.

Dari analisis Tika, banyak warganet yang menyampaikan harapan serta dukungan terhadap upaya rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo.

Menurut Tika, netizen yang memention akun @Prabowo beragam reaksinya, seperti reaksi kecewa, kaget, atau sedih (ungu). Walau ada sebagian besar yang memberikan harapan dan dukungan.

Dalam grafik, reaksi akan kepercayaan (trust) ini diwakilkan dengan warna hijau. Sebagian lainnya mengutarakan kekecewaan atau ketidaksetujuannya terhadap pertemuan Jokowi dan Prabowo. Reaksi ini dicitrakan dengan warna ungu.

Masih dari grafis yang sama, sebagian kecil warganet senang (joy) akan rekonsiliasi yang terjadi. Rasa senang diwakilkan dengan warna kuning di sisi atas. Grafis ini masih akan berkembang dan bisa saja berubah nantinya.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/13/12141227/jokowi-bertemu-prabowo-pendukung-di-twitter-terbelah-senang-dan-sedih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke