Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasaran PC Naik Tipis di Kuartal Kedua 2019

Kenaikan tersebut didapat dengan membandingkan angka pengiriman PC dengan periode yang sama tahun lalu.

"Pertumbuhan PC desktop begitu kuat, alhasil ini dapat mengimbangi penurunan jumlah pengapalan dari mobile PC," kata Mikako.

Mikako juga mengatakan, peningkatan ini juga disebabkan cukupnya pasokan CPU dari Intel pada para vendor. Pasalnya menurut Mikako, hal tersebut juga cukup berdampak pada kondisi pasar PC selama 18 bulan terakhir saat pasokan tersendat.

"Kekurangan (pasokan CPU Intel) ini terutama berdampak pada vendor kecil dan menengah. Karena vendor besar terus mengaminl keuntungan dan bertumbuh, juga mengambil pangsa pasar yang jauh dari vendor kecil yang berjuang untuk mengamankan pasokan CPU," katanya.

Tiga teratas

Menurut riset Gartner, tiga vendor teratas dari industri PC dunia ditempati secara berurutan oleh Lenovo, HP, dan Dell. Jika dikalkulasikan, ketiganya menyumbang sebanyak 64,1 persen pengiriman PC global pada kuartal kedua 2019 ini.

Angka ini juga mengalami peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya di mana ketiga brand tersebut menyumbang 60,7 persen dari total keseluruhan penjualan PC secara global.

Lenovo mengalami pertumbuhan sebanyak dua digit di semua wilayah, kecuali Amerika Latin.

Sementara, jumlah pengiriman PC buatan HP meningkat sebesar 2,6 persen dibandingkan kuartal tahun 2018 lalu.

Permintaan PC bisnis yang kuat mendorong pertumbuhan di semua wilayah pemasaran utama dan dapat mengimbangi jumlah pengiriman yang lemah di wilayah tertentu.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/16/14430027/pasaran-pc-naik-tipis-di-kuartal-kedua-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke