Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Umumkan RAM "Jumbo" untuk Ponsel 5G dan AI

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, mengumumkan bawha chip RAM LPDDR5 dengan kapasitas 12 GB bikinannya telah siap untuk diproduksi secara massal menjelang akhir bulan ini.

RAM berkapasitas jumbo tersebut khusus dirancang untuk perangkat 5G dan fitur AI pada smartphone di masa mendatang yang memiliki kebutuhan memori tinggi.  

Menurut Samsung, RAM LPDDR5 12 GB ini memiliki kecepatan 1,3 kali lebih cepat ketimbang generasi pendahulunya. RAM ini dibangun dengan proses fabrikasi 10 nanometer, serupa dengan RAM LPDDR4X yang dirilis beberapa bulan lalu.

Komponen RAM jumbo ini akan berisi sebanyak delapan chip 12 GB yang memungkinkan perangkat untuk mentransfer data sebesar 44 GB atau sekitar 12 film FullHD dalam hitungan detik.

Selain itu RAM ini juga diklaim lebih irit daya sebesar 30 persen, sehingga ponsel akan memiliki baterai yang lebih awet.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Sabtu (20/7/2019), dengan menggunakan RAM ini, Samsung mengatakan ponsel di generasi berikutnya akan memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kemampuan 5G dan AI.

Misalnya, kemampuan machine-learning, merekam video dalam kualitas tinggi, hingga memperpanjang daya tahan baterai.

Kebanyakan smartphone yang dijual di pasaran saat ini masih menggunakan RAM dengan besaran satu digit seperti 4 GB atau 6 GB. Meski demikian, ada juga flagship yang menggunakan RAM lebih dari 8 GB.

Contohnya adalah Galaxy S10 di mana varian termahalnya mengusung RAM sebesar 12 GB. Dengan dimulainya produksi massal dari LPDDR5 12 GB ini, besar kemungkinan ponsel-ponsel flagship di masa mendatang akan mulai menggunakan RAM berkapasitas serupa. 

Kondisi bisnis memori Samsung sendiri dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan harga dan angka penjualan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/20/13550077/samsung-umumkan-ram-jumbo-untuk-ponsel-5g-dan-ai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke