Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setor Data Wajah ke Google Dapat Duit Rp 70.000

KOMPAS.com - Ponsel Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL yang akan dirilis tahun ini, disinyalir bakal memiliki fitur pemindai wajah yang serupa dengan Face ID milik Apple.

Fitur tersebut memungkinkan perangkat untuk mengenali wajah secara tiga dimensi dan dapat dimanfaatkan sebagai kunci keamanan.

Untuk menyempurnakannya, Google harus mendapatkan sample dan data wajah sebanyak mungkin agar fitur tersebut bisa bekerja dengan lebih optimal. Alhasil mereka membutuhkan foto wajah sebanyak-banyaknya supaya fitur itu bisa memindai secara akurat.

Untuk mendapatkan sample ini Google diketahui rela memberikan memberikan voucher Amazon atau Starbucks sebesar 5 dollar AS (Rp 70.000) bagi setiap orang yang mau memberikan foto wajahnya.

Hal tersebut terungkap setelah seorang pria bernama George, melaporkan bahwa ia pernah bertemu dengan pegawai Google yang meminta data wajahnya.

George menceritakan pertemuan itu terjadi tanpa sengaja ketika ia tengah berada di sebuah taman di New York. Menurutnya secara tiba-tiba ada seorang yang mengaku bekerja di Google dan memintanya untuk melakukan selfie.

Dikutip KompasTekno dari Android Central, Rabu (24/7/2019), mulanya ia mengira bahwa hal tersebut dilakukan untuk sebuah survei.

Namun pegawai Google tersebut mengatakan bahwa foto wajah yang ia ambil akan digunakan untuk "meningkatkan teknologi fitur pengenalan wajah pada ponsel generasi berikutnya".

George pun kemudian diminta untuk selfie dalam beberapa angle. Setelah itu ia pun diberi imbalan berupa gift card sebesar 5 dollar AS yang bisa digunakan di Amazon atau Starbucks.

Pegawai tersebut pun mengaku pada George bahwa Google memang tengah membutuhkan sejumlah data besar untuk membantu meningkatkan fitur pengenalan wajah 3D ini.

Ia pun mengatakan bahwa Google juga memiliki sejumlah tim di beberapa kota besar yang mengumpulkan data wajah dari orang-orang.

Google sendiri pada Juni lalu telah merilis gambar render dari ponsel Pixel 4. Ponsel flagship ini terlihat memiliki kamera belakang yang dibungkus dengan wadah berbentuk "kotak" alias persegi.

Sepintas, modul kamera tersebut mirip dengan kamera milik iPhone XI pada bocoran yang beredar. Namun bedanya, kamera iPhone XI disusun secara zig-zag dalam wadah kotak tersebut, sementara kamera Pixel 4 diletakkan dengan posisi yang simetris.

Kendati demikian belum diketahui secara rinci spesifikasi dan fitur apa saja yang akan dibenamkan pada Pixel 4 ini. Namun demikian, fitur pemindai wajah 3D yang serupa dengan Face ID diyakini akan hadir pada Pixel 4.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/24/17100047/setor-data-wajah-ke-google-dapat-duit-rp-70000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke