Salin Artikel

Harga Nyaris Sama, Ini Bedanya Realme X dan Realme 3 Pro

KOMPAS.com - Realme Indonesia resmi memboyong ponsel terbarunu, Realme X ke pasaran Tanah Air lewat sebuah acara peluncuran di Jakarta, Kamis (25/7/2019) kemarin.

Jika dilihat sekilas, spesifikasi perangkat ini mirip dengan ponsel Realme yang diluncurkan beberapa bulan sebelum Realme X melenggang, yaitu Realme 3 Pro. 

Dari segi spesifikasi, misalnya, kedua ponsel sama-sama mengandalkan System-on-Chip (SoC) octa-core Snapdragon 710.

Punggung kedua ponsel juga berbahan dasar polikarbonat dengan finishing warna gradasi mengkilap.

Mereka pun sama-sama menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dan dijanjikan akan mendapat pembaruan Android Q Beta ketika nanti sudah dirilis oleh Google.

Kemudian dari segi harga, Realme Indonesia juga mematok harga yang tidak jauh berbeda untuk kedua perangkat. 

Pada saat peluncurannya Mei lalu, Realme 3 Pro varian tertinggi dibanderol dengan harga Rp 3.699.000 (6 GB/128 GB). Sementara, Realme X varian terendah harganya dipatok di angka Rp 3.799.000 (4 GB/128 GB).

Perbedaan Realme X dan Realme 3 Pro

Namun, jika diamati, ada sejumlah perbedaan yang diusung Realme 3 Pro dan Realme X.

Salah satu yang paling mencolok adalah kamera selfie yang diusung kedua ponsel. Realme X dibekali kamera swafoto 16 megapiksel dengan mekanisme "pop-up".

Sementara, Realme 3 Pro mengusung kamera selfie 25 megapiksel yang dibungkus dalam desain layar berponi (waterdrop).

Tak hanya kamera depan, kamera belakang Realme X pun (48 MP + 5 MP), meski konfigurasinya sama (dual camera), memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan Realme 3 Pro (16 MP + 5 MP).

Realme X mengusung panel AMOLED dengan luas layar 6,53 inci, tanpa slot micro SD, pemindai sidik jari di dalam layar, dan disertai dengan konektor USB-Type C.

Sementara Realme 3 Pro menggunakan panel IPS LCD dengan luas bentangan 6,3 inci, dibekali dengan slot micro SD, modul pemindai sidik jari di punggung, dan masih menggunakan konektor micro USB 2.0. 

Dari sisi daya, baterai Realme 3 Pro (4.045 mAh) lebih besar daripada Realme X (3.765 mAh). Meski kapasitas berbeda, kedua ponsel sama-sama mendukung fast charging VOOC 3.0 20W.

Lalu, lebih baik pilih mana? Realme X atau Realme 3 Pro? Apakah jika sudah memiliki Realme 3 Pro layak untuk upgrade ke Realme X?

Nah, sebagai pertimbangan sebelum membeli atau upgrade, simak dulu perbedaan Realme 3 Pro dan Realme X di tabel spesifikasi berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/26/14160027/harga-nyaris-sama-ini-bedanya-realme-x-dan-realme-3-pro

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.