Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Bicara Pasar "Earphone" Kabel versus Wireless di Indonesia

Menurut Kazuteru, peningkatan ini dipicu karena earphone wireless cenderung lebih mudah dan ringkas ketimbang yang masih menggunakan kabel.

Apalagi konsumen di Indonesia sudah mulai gemar naik angkutan umum dan pada kondisi itulah konsumen butuh earphone yang tidak sulit untuk digunakan.

"Market earphone ini stabil, tidak banyak peningkatan dan jika turun pun tidak signifikan. Tapi permintaan untuk (earphone) wireless justru yang terus bertambah," ungkap Kazuteru kepada KompasTekno saat ditemui di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Ia juga mengatakan, tren serupa pun terjadi di produk earphone Sony. Menurut dia, penjualan earphone wireless terus meningkat seiring dengan permintaan yang besar dari konsumen. Namun ia tak mengungkap berapa jumlah peningkatan yang dimaksud.

"Produk wireless di Sony ini juga masih baru, tapi terus meningkat. Tapi saya tidak bisa buka persentase peningkatannya," ungkap Kazuteru.

"(Earphone) wireless ini terus bertambah karena perangkatnya makin mudah untuk digunakan. Itulah kenapa, menurut pendapat saya, karena makin mudah maka permintaannya makin besar," lanjutnya.

Kondisi ini juga kemudian dikaitkan dengan tren menghilangnya jack audio 3,5 mm di kalangan para pembuat ponsel.

Ia menilai, permintaan konsumen yang mulai beralih pada earphone wireless membuat vendor ponsel makin giat dan berani menghapus keberadaan jack 3,5 mm.

"Kemudian karena inilah para pembuat smartphone kemudian menghilangkan jack audio 3,5 mm ini. Saya pikir itu datang dari permintaan para konsumen, karena itulah yang diinginkan pengguna saat ini," pungkas Kazuteru.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/27/08271417/sony-bicara-pasar-earphone-kabel-versus-wireless-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke