Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Web Bakal Tak Perlu Terhubung ke Ponsel?

Kemiripannya terdapat di penggunaan aplikasi yang lebih fleksibel di semua perangkat. Artinya, satu akun WhatsApp akan bisa digunakan di beberapa perangkat, baik dari smartphone atau desktop yang berbeda, secara bersamaan.

Pengguna WhatsApp selama ini memang bisa menggunakan smartphone dan WhatsApp Web sekaligus. Namun, untuk menggunakan WhatsApp Web, PC harus dihubungkan dengan ponsel  yang tersambung ke internet terlebih dahulu.

Nah, menurut rumor yang bersangkutan, keharusan menyambungkan WhatsApp Web dengan WhatsApp di ponsel itu nantinya tak akan berlaku lagi.

Dengan demikian, pemakaian WhatsApp di beberapa perangkat berbeda seperti deskop, laptop, dan ponsel bakal lebih mudah karena tak perlu re-connect ke ponsel tiap kali berpindah perangkat. 

Kendati demikian, karena masih sebatas berupa rumor, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Senin (29/7/2019), belum jelas bagaimana cara kerja fitur tersebut nanti.

Perlu diketahui bahwa ada alasan keamanan dibalik keharusan untuk menghubungkan smartphone ke desktop ketika menggunakan WhatsApp Web.

Semua pesan terikat ke nomor telepon pengguna dan hanya disimpan secara lokal di ponsel, bukan di server WhatsApp. Sebab itu, WhatsApp Web perlu mengambil pesan-pesan lewat ponsel. Mekanisme ini mungkin perlu diubah kalau mau menerapkan fitur seperti di atas.

Cara pakai WhatsApp web di PC dan Mac

WhatsApp kini lebih fleksibel diakses di mana pun, kapan pun, dan dalam kondisi apa pun. Layanan pesan singkat tersebut baru saja merilis aplikasi desktop untuk Windows dan Mac.

Saat mengoperasikan laptop atau komputer, aplikasi desktop diharapkan bisa menjaga jalinan komunikasi maya pengguna dengan orang-orang terkasih, tanpa harus ruwet mengecek layar smartphone.

Fungsi ini sudah lebih dulu dihadirkan WhatsApp pada awal 2015 lalu. Kala itu WhatsApp merilis versi browser layanannya pada peramban Chrome. Kini, fitur tersebut sudah bisa digunakan di peramban lain.

Bedanya, WhatsApp pada browser mengharuskan pengguna masuk ke peramban dan menuliskan alamat web. Sementara aplikasi desktop tertera otomatis di laman komputer, sehingga aksesnya lebih praktis dan cepat.

Pertama, pastikan laptop atau PC Anda berjalan pada sistem operasi Windows 8 ke atas atau Mac OS X 10.9 ke atas. Lalu unduh aplikasi desktop melalui tautan ini.

Aplikasi tersebut memakan kapasitas penyimpanan 61,5 MB. Setelah mengunduh, langsung saja install aplikasi.

Kedua, aplikasi desktop akan meminta pengguna memindai kode QR melalui aplikasi mobile. Pengguna harus membuka aplikasi WhatsApp di smartphone atau tablet terlebih dahulu.

Selanjutnya, pilih opsi "Menu" atau ikon tiga titik dan tekan "WhatsApp Web". Ponsel akan menghadirkan sistem pemindai digital untuk kemudian dicocokkan ke kode QR yang terpatri pada aplikasi desktop.

Ketiga, pengguna sudah bisa bertukar pesan maya via WhatsApp di aplikasi desktop. Semua pesan di aplikasi mobile akan tersinkronisasi otomatis ke aplikasi desktop.

Pengguna juga bisa mengedit profil, memperbarui status, dan membuat grup baru, melalui aplikasi ini.

Perlu diketahui, seperti halnya WhatsApp versi browser, aplikasi desktop juga tak bisa berdiri sendiri. Keduanya bersifat sebagai pelengkap dan tetap harus mengandalkan aplikasi mobile.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/29/07120027/whatsapp-web-bakal-tak-perlu-terhubung-ke-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke