Salin Artikel

Tips Membuat "Password" Paling Aman dari Pakar Sekuriti

Seperti apa password yang paling aman? Etay Maor, Executive Security Adviser di IBM Security, mengungkapkan bahwa kata kunci berisi kombinasi huruf, angka, dan karakter yang rumit sekalipun sebenarnya masih relatif mudah untuk ditembus.

"Bahkan kalau panjangnya antara 8-10 karakter dan sangat kompleks, komputer pun masih bsia menebaknya dengan cepat," ujar Maor, pakar sekuriti yang mempelajari taktik kriminal siber di dark web.

Daripada kata kunci pendek berisi karakter aneh, Maor lebih menyarankan untuk membuat password dalam bentuk "passphrase" alias frasa sandi yang menggabungkan beberapa kata sekaligus ke dalam satu baris. Misalnya "saya ingin sekali berlibur ke maladewa".

Agar lebih aman, pakailah kata-kata yang unik, bukan yang berasal dari kutipan atau lirik lagu populer. Gunakan spasi di antara kata.

Passphrase macam demikian, menurut Maor, jauh lebih sulit untuk dipecahkan oleh komputer lewat teknik brute force yang bisa mencoba hingga jutaan password dalam sedetik sampai ditemukan yang cocok.

Kalaupun passphrase akhirnya bisa jebol, lanjut dia, waktu yang diperlukan bakal sangat lama sehingga tidak realistis.

Cara lainnya untuk meningkatkan keamanan adalah menghindari penggunaan password yang sama untuk kun berbeda. Tujuannya tentu supaya tak semua akun online bisa diakses apabila satu password sudah berhasil ditebak hacker.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/29/12020057/tips-membuat-password-paling-aman-dari-pakar-sekuriti

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.