Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lensa Kontak Bakal Bisa "Zoom" dengan Kedipan

Sekelompok peneliti di Universitas California, San Diego, AS, telah membuat lensa kontak yang memungkinkan mata melakukan zoom dengan kedipan.

Ketika digerakkan atau dikedipkan, bola mata manusia menghasilkan sinyal listrik yang disebut sebagai elektro-okulografi. Para peneliti Universitas California merancang agar lensa kontak bisa merespon sinyal tersebut.

Lensa kontak yang bersangkutan dibuat dari bahan dasar polimer dan bisa menyesuaikan focal length atau luas bidang pandang berdasarkan intensitas sinyal yang ditangkap dari mata.

Pada saat intensitas sinyal listrik dari gerakan bola mata sangat kuat, misalnya ketika dikedipkan dua kali, lensa kontak berbahan polimer ini kemudian bisa berbentuk lebih cembung sehingga menghasilkan efek zoom in.

"Sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki potensi untuk digunakan dalam mata buatan, kacamata, dan robot yang dioperasikan dari jarak jauh di masa depan," tulis tim peneliti dalam laporannya, dirangkum KompasTekno dari The Independent, Rabu (31/7/2019).

Untuk sekarang, meski konsepnya sudah terbukti bisa diimplementasikan, lensa kontak zoom bikinan Universitas California masih berbentuk mesin eksperimen berukuran besar dengan elektroda yang ditempelkan di kulit sekitar mata subyek penelitian.

Mungkin masih butuh waktu beberapa tahun lagi sebelum komponen-komponennya bisa dikecilkan sehingga bisa muat dalam bentuk lensa kontak yang ringkas.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/31/14510067/lensa-kontak-bakal-bisa-zoom-dengan-kedipan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke