Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan Pegawai Ungkap Sebab Kegagalan Nokia Windows Phone

Terry Myerson, yang pernah menjabat sebagai mantan kepala Windows dan Windows Phone, pernah menuding penggunaan basis platform Windows CE yang tidak lengkap, membuat pengembang aplikasi tidak tertarik menggunakan Windows Phone.

Namun salah satu mantan pegawai Nokia membeberkan masalah utama, yang menurutnya menjadi penyebab berakhirnya era Windows Phone.

Pegawai yang menjabat sebagai engineer ini mengaku telah bekerja di Nokia sebelum dan sesudah diakuisisi oleh Microsoft. Setidaknya ada empat hal yang ia kemukakan di forum online Reddit.

"Ada banyak faktor populer yang menyebabkan Windows Phone berakhir, tidak ada satupun dari mereka yang menjatuhkannya, tapi ada beberapa hal yang menurut saya paling menonjol," tulis engineer yang mengaku berkantor di Boston, AS saat Nokia diakuisisi Microsoft.

Meremehkan Google

Myerson pernah mengatakan bahwa Microsoft tidak benar-benar paham dengan model bisnis Android. Saat megembangkan Windows Phone, iOS memang masih menjadi primadona, karena Android masih tergolong baru.

Microsoft pun tidak merasa Android sebagai ancaman besar sampai Google menambah layanannya di Android dengan YouTube, Gmail, Maps dan sebagainya.

Dengan kekayaan aplikasi di platform Android, ponsel Windows pun menjadi terlihat "murah". Dan hari ini, kita bisa melihat "kutukan" dari peremehan Android tersebut.

Kegagalan Windows 8

Alasan berikutnya adalah kegagalan Windows 8. Sebelum kelahiran Windows 8, orang-orang dibuat penasaran dengan Windows Phone. Sayangnya, Windows 8 yang mengusung antarmuka Metro membuat pandangan tentang Windows Phone menjadi negatif.

Metro disebut bisa bekerja dengan baik di perangkat touchscreen Windows 7, tapi tidak dengan Windows 8. Orang-orang pun mengaitkan dua hal ini sebagai produk yang buruk. Pandangan ini tidak berubah meski sudah ada perbaikan di Windows 10.

Reputasi Microsoft

Menurut sang engineer, Microsoft memiliki reputasi yang buruk karena dianggap terlalu dominan selama dua dekade terakhir. Pandangan ini melekat di mata anak muda.
Mereka pun memilih membuat startup untuk membuat platformnya sendiri

Dominasi iOS dan Android

Pada tahun 2014, orang-orang mulai terpolarisasi menjadi kubu Android dan iOS. Dua platform ini pun mendominasi hingga hari ini.

"Bahkan jika Windows Phone memiliki aplikasi dan apa pun yang tidak dimiliki (Android dan iOS), hal itu tidak membuat mereka beralih (ke Windows Phone)," tulis Myerson.

Dilansir KompasTekno dari Ms Power User, Rabu (31/7/2019), engineer tersebut mengklaim bahwa secara koding, Windows Phone akan selalu lebih baik dibanding Android. 

"Saat itu Android Studio masih dalam tahap awal sehingga kami masih menggunakan Eclipse yang sangat kurang dibanding Visual Studio. Meski ada hal negatif dari sisi konsumen, pengkodean Windows Phone akan selalu lebih baik dari Android," aku Myerson.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/31/15320007/mantan-pegawai-ungkap-sebab-kegagalan-nokia-windows-phone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke