Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peramban Google Chrome Versi Terbaru Punya Mode Gelap

Sesuai dengan namanya, mode gelap dapat mengubah warna dominan latar belakang aplikasi menjadi gelap atau kelabu. Mode gelap dianggap lebih ramah pada mata pengguna dan dapat membuat daya tahan baterai perangkat jadi lebih lama karena lebih minim daya.

Chrome 76 adalah versi terbaru dari peramban tersebut yang dapat diunduh baik pada komputer desktop maupun perangkat dengan sistem operasi Chrome OS.

Hadirnya mode gelap pada Google Chrome sebenarnya sudah diprediksi sejak lama. Pada akhir April lalu, Google juga merilis mode gelap pada Chrome versi Android meski belum sempurna.

Kala itu, mode gelap yang tersedia harus diaktifkan dengan cara yang cukup merepotkan. Pengguna harus mengetik "chrome://flags" tanpa tanda kutip pada kolom pencarian dan tekan enter atau klik telusuri.

Setelahnya, pengguna akan masuk pada menu Google Chrome Flag. Untuk menemukan tombol aktivasi mode gelap, pengguna cukup mengetik "Android Chrome UI dark mode", kemudian tekan enter.

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Jumat (2/8/2019), selain "dark mode", Chrome 76 juga memiliki sejumlah peningkatan lain di antaranya adalah dari sektor keamanan.

Google telah menambal celah keamanan yang memungkinkan peretas mengintip aktivitas pengguna meski dalam mode penyamaran (Incognito).

Kemudian, selain hadirnya mode gelap, Google juga mematikan Flash secara default pada Chrome 76. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menonaktifkan penggunaan Flash pada tahun 2020 mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/02/09270067/peramban-google-chrome-versi-terbaru-punya-mode-gelap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke