Salin Artikel

Menjajal PUBG Mobile Lite di Ponsel Murah Redmi Go dan Galaxy A2 Core

KOMPAS.com - Peminat game genre battle royale di Indonesia sudah bisa mengunduh game PUBG Mobile Lite yang merupakan versi ringan dari PUBG Mobile.

Game yang dirancang agar dapat dimainkan dengan ponsel berspesifikasi rendah ini sudah bisa diunduh dari toko aplikasi Android Google Play Store menjelang akhir bulan Juli lalu.

PUBG Mobile Lite bisa berjalan di smartphone dengan RAM di bawah 2 GB. Game ini juga bisa dimainkan di smartphone dengan sistem operasi (OS) Android mulai versi 4.3 Jelly Bean.

Nah, karena ditujukan bagi ponsel low-end yang biasanya dibekali dengan media penyimpanan rendah, ukuran file PUBG Mobile di PlayStore hanya 491 MB. Jadi, pengguna harus menyiapkan sisa memori internal setidaknya 500 MB sebelum memasang game ini.

Lalu, bagaimana performa PUBG Mobile Lite jika dimainkan di ponsel low-end? KompasTekno menjajal game PUBG Mobile Lite di ponsel entry-level dari Xiaomi dan Samsung, yaitu Redmi Go dan Galaxy A2 Core.

Keduanya merupakan smartphone Android Go murah meriah dengan kisaran harga Rp 1 jutaan ke bawah. Spesifikasinya pun rendah apabila dibandingkan ponsel-ponsel lain yang berharga lebih mahal.

Spesifikasi Galaxy A2 Core dan Redmi Go

Dari segi spesifikasi, kedua ponsel ini sama-sama memiliki RAM 1 GB dan media penyimpanan sebesar 8 GB. Kedua ponsel juga sudah menjalankan OS Android versi 8.1 Oreo edisi Go.

Kendati demikian, dapur pacu yang digunakan berbeda. Redmi Go ditenagai dengan chip quad-core Snapdragon 425 dengan kecepatan clock hingga 1,4 GHz.

Sementara itu, Galaxy A2 Core menggunakan chip octa-core Exynos 7870 yang memiliki kecepatan clock maksimal 1,6 GHz.

Terlepas dari dua perbedaan tersebut, kedua ponsel ini masuk dalam kategori ponsel entry-level. Untuk harganya, pada saat peluncuran, Redmi Go dibanderol dengan harga Rp 899.000 sementara Galaxy A2 Core dipatok di angka Rp 1.099.000.

Hasil uji coba

Berdasarkan uji coba yang dilakukan KompasTekno, Jumat (2/8/2019), secara garis besar, PUBG Mobile Lite ternyata layak dimainkan alias bisa berjalan dengan relatif lancar di kedua ponsel tersebut.

Awalnya sempat timbul keraguan lantaran tampilan loading screen awal yang muncul ketika membuka game PUBG Mobile Lite terasa lama. Galaxy A2 Core terasa sedikit lebih cepat dalam menyelesaikan loading dibandingkan Redmi Go. 

Sebelum masuk ke dalam pertandingan, Galaxy A2 Core lagi-lagi menghasilkan waktu tunggu loading screen lebih cepat daripada Redmi Go, sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kanan di atas.

Ketika proses loading selesai dan memasuki tahap awal permainan, ada sedikit stuttering alias gerak terpatah-patah yang mendadak timbul. Mungkin kareana kedua ponsel masih memuat aneka aset game dan melakukan rendering grafis.

Beberapa detik kemudian, PUBG Mobile Lite sudah berjalan dengan lancar. Segala keraguan pun hilang. Game ini bisa dimainkan tanpa hambatan atau penurunan performa di Redmi Go dan Galaxy A2 Core

Tampilan grafis PUBG Mobile Lite yang ditampilkan di kedua ponsel terlihat berkualitas rendah dengan resolusi rendah pula. Berbeda dari PUBG Mobile versi reguler, setting grafis maupun frame rate game ini tidak bisa diubah-ubah menjadi lebih tinggi. 

Punggung kedua smartphone terasa hangat ketika memainkan game PUBG Mobile dalam beberapa menit, namun tidak sampai mempengaruhi kinerja ataupun kenyamanan bermain.

Hanya saja, mereka yang terbiasa memainkan game PUBG Mobile di ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi mungkin perlu menyesuaikan diri dengan tampilan grafis serta frame rate lebih rendah.  Beberapa hal seperti membidik musuh dengan presisi pun jadi sedikit lebih sulit.

Server untuk kedua game juga berbeda sehingga para pemainnya tidak bisa saling bertemu. Area map di game PUBG Mobile Lite lebih kecil dengan ukuran 2 x 2 kilometer. Untuk saat ini baru satu map mirip Erangel yang tersedia, dengan mode permainan Classic. 

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/02/10170077/menjajal-pubg-mobile-lite-di-ponsel-murah-redmi-go-dan-galaxy-a2-core

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.