Salin Artikel

10 Aplikasi Foto dan Video Berpenghasilan Terbesar, YouTube Nomor Satu

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi video besutan Google, YouTube, menjadi aplikasi kategori foto dan video dengan penghasilan nomor satu di dunia, menurut catatan firma riset pasar Sensor Tower.

Pada kuartal dua tahun ini, YouTube disebut meraup pendapatan sekitar 138 juta dollar AS (Rp 1,96 triliun) yang berasal dari pengeluaran pengguna (user spending). Angka ini meningkat 220 persen  jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sebanyak 70 persen dari hasil pendapatan pada aplikasi video milik Google tersebut berasal dari pengguna YouTube di AS. Sementara, 7 persen berasal dari Jepang dan 4 persen berasal dari Inggris.

Di bawah YouTube, ada aplikasi video pendek besutan Tencent, Kwai, yang mendulang pendapatan dari user spending sekitar 78 juta dollar AS (Rp 1 triliun) di kuartal kedua ini.

Selanjutnya, ada aplikasi video pendek populer TikTok, aplikasi video 17 LiveAF, dan aplikasi berbagi foto dan video PicsArt, yang membuntuti aplikasi Kwai.

Uniknya, tiga aplikasi kategori foto dan video terbesar di dunia yang sudah disebutkan Sensor Tower tadi tak masuk daftar tiga besar aplikasi dengan pendapatan terbanyak di platform penyedia aplikasi Android, Google Play Store.

Di Google Play, tiga posisi teratas secara berurutan diisi oleh 17 LiveAF, Twitch, dan PicsArt. Sementara di App Store, tiga posisi teratas masih diduduki oleh YouTube, Kwai, dan TikTok, sebagai aplikasi dengan pendapatan dari user spending terbanyak.

Kendati begitu, SensorTower tidak mencantumkan berapa pendapatan tiga aplikasi kategori foto dan video teratas di kedua platform penyedia aplikasi resmi tersebut.

Untuk diketahui, SensorTower mencatat pendapatan user spending di kuartal kedua ini terhitung dari tanggal 1 April hingga 30 Juni silam.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/02/12500067/10-aplikasi-foto-dan-video-berpenghasilan-terbesar-youtube-nomor-satu

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.