Salin Artikel

Mati Listrik di Jawa Muncul di Google Maps

Aplikasi peta tersebut memperlihatkan informasi lokasi mana saja yang terdampak mati listrik secara garis besar, yakni Jawa Barat, Jakarta dan sebagian Banten.

"Perusahaan Listrik Negara Indonesia PLN hari Minggu memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu beberapa jam unutk mengembalikan aliran listrik ke Jakarta setelah pemadaman besar," bunyi keterangan yang tertulis di Google Maps, mengutip dari Reuters.

Apabila di-klik, tombol berlabel "See latest updates" tersebut menampilkan hasil pencarian Google seputar mati listrik di pulau Jawa.

Pantauan KompasTekno, Senin (5/8/2019), informasi soal pemadaman listrik ditampilkan di Google Maps baik versi desktop maupun mobile. 

Selain itu, search engine Google sendiri di alamat Google.com akan ikut menampilkan keterangan dari Maps apabila pengguna memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan pemadaman listrik misalnya "listrik padam", "mati lampu", atau "pemadaman listrik".

Pengguna juga bisa membagikan informasi hasil pencarian tersebut melalui Facebook, Twitter dan e-mail melalui link khusus.

Google sendiri melabeli kejadian mati listrik di Pulau Jawa ini sebagai "peringatan SOS" yang artinya keadaan darurat yang disebabkan manusia atau alam.

Peringatan SOS ini dilihat dari beberapa faktor, seperti konektivitas internet di area yang terkena dampak, skala krisis, serta dampak yang ditimbulkan.

Wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan sebagian wilayah Banten mengalami pemadaman listrik yang bermula dari adanya gangguan di SUTET 500 kV Ungaran-Pemalang pada Minggu, (4/8/2019) siang kemarin.

Di saat yang sama, listrik di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali tetap berjalan normal. Kemudian, pukul 11.48 WIB daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta padam secara serentak.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/05/13180057/mati-listrik-di-jawa-muncul-di-google-maps

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.