Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Bikin Smartphone Tanpa Perlu Di-"charge"?

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya tengah mencoba inovasi baru. Vendor ponsel China itu nampaknya sedang mempersiapkan ponsel yang tanpa perlu di-charge, karena dilengkapi dengan panel surya yang bisa mengisi daya baterai.

Hal itu terungkap dari paten yang didaftarkan Xiaomi. Ada sebanyak tujuh sketsa yang menampilkan rancangan smartphone bertenaga surya secara keseluruhan. Mulai dari tampak depan, samping hingga belakang.

Dari bagian depan, smartphone ini terlihat sama seperti smartphone kebanyakan. Layarnya luas dengan bingkai tepian yang tipis, membuat smartphone ini tampak penuh oleh layar.

Pada bagian samping pun sama, tak terlihat ada sesuatu yang berbeda dari ponsel kebanyakan. Pada satu sisi terlihat ada sebuah tombol power dan volume, kemudian di sisi lainnya tampak sebuah laci untuk kartu SIM.

Kamera ganda yang disusun vertikal nampak terlihat di bagian atas panel surya. Desain ini mengingatkan kita pada perangkat Redmi Note 6.

Dikutip KompasTekno dari Letsgodigital, Selasa (6/8/2019), meski paten tersebut telah diajukan pada Juli 2018 lalu, belum diketahui apakah Xiaomi benar-benar akan memproduksi ponsel itu dalam waktu dekat.

Tak hanya Xiaomi, ada beberapa vendor smartphone yang juga sudah memiliki ponsel dengan panel surya yang terintegrasi di dalam bodi. Salah satunya adalah perusahaan asal Rusia, Caviar yang merilis iPhone X Tesla tahun lalu.

Perangkat itu juga memiliki panel surya sebagai alternatif sumber tenaga. LG pun demikian. Pada 2010 silam, vendor asal Korea Selatan ini pernah merilis aksesoris yang memungkinkan ponsel buatannya memanfaatkan tenaga surya.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/06/11105637/xiaomi-bikin-smartphone-tanpa-perlu-di-charge

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke