Salin Artikel

10 Fitur Samsung Galaxy Note 10 yang Ditunggu, Meluncur Malam Ini

Acara akan dimulai pukul 15.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 03.00 WIB. Galaxy Note 10 cukup banyak dinantikan terutama para penggemar Samsung.

Pasalnya, rumor yang beredar sejauh ini mensinyalir banyak peningkatan fitur yang akan disematkan ke Galaxy Note 10 dari pendahulunya Galaxy Note 9 tahun lalu.

Mulai dari desain, hilangnya jack audio, hingga jumlah model yang bertambah, sempat santer tersiar. Berikut sejumlah rumor Galaxy Note 10 yang hilir mudik di ranah maya.

1. Dua Model + 5G

Biasanya, Samsung hanya menelurkan satu model Galaxy Note saja. Tapi tahun ini diperkirakan akan ada dua model yang akan diluncurkan.

Santer terdengar, varian dengan spesifikasi lebih tinggi tersebut akan diberi nama Galaxy Note 10 Plus. Rumor yang beredar menyebut varian reguler akan memiliki bentang layar 6,28 inci.
Sedangkan versi Plus akan memiliki layar 6,75 inci.

Keduanya akan menggunakan panel QHD Plus Dynamic AMOLED. Menariknya, Samsung dikabarkan akan menyediakan varian 5G untuk masing-masing model. Jadi totalnya, kemungkinan akan ada empat model Galaxy Note 10, masing-masing varian LTE dan 5G.

2. Desain Punch Hole

Tak mau ketinggalan dari Galaxy S series, Galaxy Note 10 akan menggunakan desain punch hole. Indikasi ini semakin diperkuat dengan desain undangan "Galaxy Unpacked" yang menampilkan lubang layar hitam dan S-pen.

Agak berbeda dengan S series, kabar yang beredar menyebut lubang kamera tersebut akan berada di tengah, alih-alih di pinggir. Untuk varian lebih tinggi, konon akan ada dua lubang kamera, mirip dengan Galaxy S10 Plus.

3. Snapdragon 855 Plus/Exynos 9825

Secara hierarki, seri Note menjadi varian paling premium se-Galaxy. Tak heran jika Samsung selalu menyematkan chipset paling mutakhir di perangkat ini.

Kabarnya, chipset Exynos 855 Plus akan ditanamkan di jantung ponsel untuk beberapa pasar tertentu seperti AS dan Korea Selatan.

Negara lainnya akan mendapatkan versi Galaxy Note 10 Exynos 9825, versi lebih tinggi dari Exynos 9820 yang mengotaki Galaxy S10. Dua chipset di atas diklaim sebagai chipset paling gegas dari masing-masing pabrikan.

4. RAM 12 GB

Tidak hanya perkara chipset, demi meningkatkan performa Samsung digadang-gadang akan membekali Galaxy Note 10 dengan ruang penyimpanan lebih besar. RAM 12 GB akan tersemat di Galaxy Note 10, disebutkan dalam beberapa berita belakangan ini.

Untuk media internal akan menampung kapasitas hingga 1 TB, seperti salah satu varian Galaxy Note 9 tahun lalu.

5. Susunan Kamera depan dan belakang yang berbeda

Dua model Galaxy Note 10 kabarnya akan memiliki konfigurasi kamera yang berbeda. Galaxy Note 10 diperkirakan akan dibekali tiga kamera sementara versi lebih tinggi akan dibekali empat kamera sepert Galaxy S10 Plus.

Salah satu kamera utamanya konon akan memiliki resolusi 64 megapiksel dengan teknologi tetra cell. Kabar ini muncul setelah Samsung meluncurkan ISOCELL Bright GW1, sensor kamera smartphone pertama di dunia yang memiliki resolusi 64 megapiksel.

Tidak cuma itu, bukaan lensa (aperture) juga akan memiliki tiga opsi, alih-alih dua seperti di Galaxy S series. Menurut rumor, aperture yang nantinya akan terpasang adalah f/1.5, f/1.8, dan f/2.4.

6. Keyless dan Hilangnya Colokan Jack Audio

Desain Galaxy Note 10 sepertinya benar-benar dipermak. Kabarnya, Samsung juga akan memensiunkan tombol fisik Bixby, tombol daya, dan colokan jack audio.

Tombol fisik konon akan digantikan oleh tombol berbasis sentuhan (capacitive), sementara keluaran suara akan bertumpu pada konektor USB C.

Samsung sudah mencoba cara itu Galaxy A80, di mana konektor USB C bersifat hybrid, bisa digunakan untuk isi daya dan juga colokan earphone.

Kabarnya lagi, Galaxy Note 10 akan dilengkapi teknologi Sound on Display. Teknologi ini menggunakan getaran di bawah layar, yang mentransmisikan suara ke telinga menggantikan peran earpiece.

7. Baterai Lebih besar

Salah seorang pembocor gadget Evan Blass pernah berujar bahwa Galaxy Note 10 akan mengusung baterai lebih besar, yakni 4.300 mAh. Baterai ini akan didukung pengisi daya cepat 45W dan wireless charging 15W.

Rumor lain menyebut versi "Pro" - atau "Plus" - akan dibekali baterai 4.500 mAh dengan fitur fast charging 25W.

8. Teknologi Zoom Audio

Tidak hanya menggunakan teknologi Sound on Display. Samsung juga disebut akan menggunakan teknologi Audio Zoom.

Teknologi ini kabarnya akan mendukung proses perekaman video atau audio, di mana ia akan mencari suara utama dan mereduksi kebisingan suara latar belakang.

9. In display Fingerprint

Fitur ini sejatinya sudah ada di Samsung Galaxy S10. Kehadirannya juga banyak dinantikan di Galaxy Note 10.

10. Kontrol Gestur di S Pen Note 10

Tahun lalu, Samsung menyuntikkan beberapa peningkatan di S pen, salah satu ciri khas dari seri Galaxy Note.

Teknologi bluetooth disematkan untuk mempermudah pengguna melakukan kontrol jarak jauh, seperti mengambil foto atau memutar musik.

Samsung dikabarkan akan menambah keunggulan S Pen dengan menghadirkan gesture control. Fitur ini akan mempermudah navigasi tanpa pengguna perlu menyentuh ponsel.

itulah sejumlah rumor yang beredar tentang Samsung Galaxy Note 10, yang akan meluncur dini hari nanti. Benar atau tidaknya, mari kita tunggu bersama.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/07/10020017/10-fitur-samsung-galaxy-note-10-yang-ditunggu-meluncur-malam-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.