Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Fitur Unik Galaxy Note 10, Bisa Melukis Video dan 3D Scanner

Seperti namanya, AR Doodle memungkinkan pengguna Galaxy Note 10 untuk menambahkan aneka gambar dan lukisan tangan (doodle) di hasil tangkapan kamera, dengan teknik Augmented Reality.

Bayangkan menggambar kacamata di wajah seseorang lewat aplikasi kamera Galaxy Note 10. Ketika orang tersebut bergerak, gambar akan terus “menempel” di wajah dan mengikuti gerakannya secara tiga dimensi, termasuk ketika menoleh ke kiri dan kanan.

“Gunakan S pen untuk mengubah foto sesuai selera dengan lukisan, aneka efek, dan animasi yang mengikuti gambar,” sebut Samsung dalam penjelasan fitur AR Doodle. Fitur yang satu ini disebut cocok untuk memperkaya konten bagi para kreator.

AR Doodle menggunakan tangkapan gambar dari kamera ultra wide 16 megapiksel di Galaxy Note 10 dan Note 10+, yang memiliki bidang pandang 123 derajat, dipadu dengan sylus S Pen.

AR Doodle dapat dijalankan dengan tombol khusus yang terletak di pojok kanan atas dalam mode video di aplikasi kamera Galaxy Note 10.

3D Scanner

Selain itu, Galaxy Note 10+ turut dibekali dengan fitur 3D Scanner yang fungsinya sesuai dengan nama, yakni memindai obyek di depan kamera, dan mengubahnya menjadi rendering grafis 3D.

Bersama dengan AR Doodle, Samsung sempat mendemonstrasikan 3D Scanner dalam acara peluncuran Galaxy Note 10 di New York, AS, yang turut dihadiri jurnalis Kompas.com, Wahyunanda Kusuma, Kamis (8/8/2019).

Seorang staf Samsung tampak menggunakan sebuah boneka sebagai objek. Dia bergerak mengitari boneka sambil tetap mengarahkan kamera Galaxy Note 10+ ke benda itu.

Setelah selesai, sejenak kemudian, Galaxy Note 10+ pun menampilkan hasil pemindaian tiga dimensi dalam bentuk grafis 3D, berbentuk persis boneka yang di-scan, hingga detail-detail dan warnanya.

Grafis 3D ini kemudian bisa ditambahkan ke tangkapan kamera Galaxy Note 10+. Gerakannya dapat mengikuti subyek manusia. Ketika subyek mengangkat tangan, grafis 3D yang diletakkan di dekatnya pun akan melakukan gerakan serupa.

“3D Scanner adalah sebuah terobosan yang hadir perdana untuk seri Note. Kamera DepthVision di Galaxy Note 10+ bisa memindai obyek dan secara instan mengubahnya jadi rendering 3D yang bisa digerakkan,” sebut Samsung.

Karena bersifat tiga dimensi, hasil pemindaian pun bisa dicetak dengan printer 3D untuk membuat kopi dari obyek yang bersangkutan.

Fitur 3D Scanner hanya didukung oleh Galaxy Note 10+ yang dibekali dengan kamera DepthVision yang berperan mengukur jarak dan kedalaman obyek secara tiga dimensi.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/08/13150047/dua-fitur-unik-galaxy-note-10-bisa-melukis-video-dan-3d-scanner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke