Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Maskapai Ini Terang-terangan Rekam Foto dan Data Penumpang

IFE adalah perangkat layar yang terpasang di kursi penumpang untuk keperluan hiburan sepanjang perjalanan.

Dalam privacy policy yang diterbitkan pada Kamis (30/7/2019) lalu itu, Cathay menulis bahwa mereka mengumpulkan dan memproses informasi pribadi penumpang, termasuk foto di dalam pesawat, penggunaan perangkat IFE, hobi, dan aktivitas selama di bandara.

Data film/ video apa saja yang ditonton oleh penumpang di perangkat IFE pun akan direkam dan disimpan oleh Cathay Pacific.

Thales dan Panasonic, dua vendor pemasok perangkat IFE pesawat, mengatakan bahwa perangkat IFE memang dilengkapi dengan kamera, namun tidak aktif. Fitur kamera dipasang untuk mendukung aplikasi video call antar-kursi penumpang di masa mendatang.

"Panasonic Avionics tidak akan pernah mengaktifkan fitur atau fungsi apa pun dalam sistem IFE, tanpa arahan dari maskapai," kata keterangan resmi Panasonic, dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (13/8/2019).

Yang mengejutkan juga, Cathay Pacific menyebut bahwa informasi itu akan disimpan selama masih dibutuhkan. Artinya, tidak ada jangka waktu spesifik, berapa lama data itu akan disimpan.

"Kami menyimpan data pribadi penumpang selama dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis, informasi yang tidak lagi dipakai akan tetap disimpan secara anonim atau dihancurkan," demikian penjelasan Cathay Pacific.

Selain data yang diambil dari kamera di pintu pesawat, CCTV di lounge, dan log penggunaan IFE, Cathay Pacific juga menyimpan data itinerary penumpang, bagasi, hingga produk yang dibeli di toko duty-free.

Perubahan kebijakan privasi ini memunculkan kekhawatiran, sebab pada Oktober 2018 lalu, Cathay Pacific baru saja mengakui bahwa server miliknya telah diretas.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/13/13150017/maskapai-ini-terang-terangan-rekam-foto-dan-data-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke