Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Bos YouTube Tak Bisa Bebas Pakai Smartphone

Melalui sebuah smartphone, pengguna bisa melakukan banyak hal, mulai dari pekerjaan hingga hiburan. Karena itulah tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya menggunakan smartphone.

Akan tetapi, CEO YouTube, Susan Wojcicki justru membatasi waktu penggunaan smartphone, terutama pada anaknya. Menurut Susan, hal tersebut dilakukan agar anak-anaknya dapat berinteraksi satu sama lain tanpa smartphone.

"Saya memiliki waktu ketika saya mengambil semua smartphone milik anak saya. Terutama ketika kami sedang berlibur bersama. Itu karena saya ingin mereka berinteraksi satu sama lain," kata Susan.

Susan pun menganalogikan bahwa smartphone serupa dengan televisi pada zaman ia kecil. Ia mengatakan, televisi sewaktu-waktu bisa bermanfaat, tetapi ada pula saat di mana televisi justru bersifat sebaliknya.

"Saya diajari bahwa televisi memang menyenangkan, tetapi perlu diseimbangkan dengan olahraga, sekolah, pekerjaan rumah, membaca dan kegiatan lainnya," kata Susan.

Tak hanya Susan

Dikutip KompasTekno dari Cult of Mac, Rabu (14/8/2019), Susan bukanlah satu satunya petinggi perusahaan teknologi yang justru melarang anaknya menggunakan smartphone.

Pendiri Apple, Steve Jobs serta pendiri Microsoft, Bill Gates juga telah melakukan hal serupa.

Alasannya pun sama. Bill Gates melarang ketiga anakanya memiliki smartphone sebelum berusia 14 tahun. Ia tak ingin waktu anaknya habis karena sibuk menatap layar ponsel.

Bill Gates juga menilai, penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Selain itu waktu akan tersita dengan percuma jika sudah kecanduan dengan gadget.

Begitu pula dengan Steve Jobs. Ia melarang anak-anaknya menggunakan gadget karena tak ingin kehilangan waktu bermain bersama mereka. Ia pun khawatir anak-anaknya tidak akan peduli pada lingkungan jika sudah kecanduan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/14/20060047/anak-bos-youtube-tak-bisa-bebas-pakai-smartphone-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke