Salin Artikel

Disebut Kalah dari Oppo di Indonesia, Begini Tanggapan Samsung

Dengan kata lain, Oppo menggeser posisi Samsung yang bertahun-bertahun merajai pangsa pasar smartphone tanah air. Menanggapi laporan tersebut, Samsung sesumbar tetap mendominasi pangsa pasar smartphone Indonesia.

"Di seluruh pangsa pasar smartphone kami masih di sekitar 50 persen," ujar Denny Galant, Head of Product Marketing, IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, dalam acara peluncuran Galaxy Note 10 di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Di acara yang sama, Samsung juga mengklaim masih memimpin pasar smartphone premium dengan persentase 66 persen hingga kuartal kedua 2019 ini.

Meski Canalys mengatakan Oppo sudah mengalahkan Samsung, firma riset lain, Counterpoint Researcg, memaparkan hasil berbeda.

Dalam laporannya, Counterpoint Research masih mendudukkan Samsung di posisi nomor satu untuk kuartal kedua 2019. Oppo justru menempati posisi ketiga dalam laporan tersebut

Beda metode, beda hasil 

Canalys menggunakan variabel pengapalan (shipment) untuk menakar pangsa pasar ponsel, sementara Counterpoint Research memakai variabel penjualan (sales). Samsung sendiri mengacu pada data firma riset GfK. 

"GfK melihat jumlah pembelian yang ada di toko, yang sampai ke tangan konsumen dan mereka lembaga independen," jelas Denny menerangkan alasannya. 

Sayangnya, Denny enggan menyebut berapa angka pasti jumlah unit ponsel Samsung yang terjual di Indonesia dalam kuartal terakhir. Dalam laporan Canalys, pangsa pasar Oppo mencapai 26 persen, naik 54 persen secara year over year (YoY).

Samsung bukan tanpa kenaikan. Canalys menyebutkan pangsa pasar Samsung mencapai 24 persen dengan pertumbuhan 10 persen di kuartal kedua 2019.

Sementara, menurut Counterpoint Research, Samsung menguasai pangsa pasar smartphone Indonesia sebesar 27 persen, disusul Xiaomi di urutan kedua dengan market share 21 persen.

Oppo baru menempati nomor ketiga dengan pangsa pasar 17 persen yang relatif tidak berubah dari tahun lalu. Oppo mengklaim bahwa ponsel seri A dan F menjadi kunci meningkatnya pangsa pasar Oppo dalam periode tersebut.

Samsung pun sama-sama kuat di segmen menengah. Sepanjang 2019 ini, vendor asal Korea Selatan ini menelurkan banyak lini Galaxy A dan M yang menyasar segmen entry-level hingga menengah.

Dalam laporan global bulan Juli lalu, Samsung menyebut Galaxy A berhasil mendongkrak penjualan ponselnya di berbagai wilayah dunia. 

Untuk memahami pasar smartphone di Indonesia, silakan simak Visual Kreatif Kompas "Pasar Mewah Ponsel Murah" dari tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/21/19510087/disebut-kalah-dari-oppo-di-indonesia-begini-tanggapan-samsung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.