Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Android 10 Mulai Disebar 3 September

KOMPAS.com - Setelah namanya diperkenalkan pada pekan lalu, sistem operasi (OS) penerus Android 9.0 Pie, yakni Android 10 kabarnya bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

Informasi ini berasal dari konfirmasi langsung oleh staf Google Support yang dikumpulkan situs PhoneArena.

Saat ditanya tentang kapan pembaruan OS akan meluncur, para agen layanan dukungan Google ini sesumbar Android 10 bakal dirilis pada 3 September mendatang.

"Saya ingin menginformasikan bahwa Android 10 bakal digulirkan ke perangkat pada 3 September 2019," kata seorang agen Google Support.

Kendati begitu, tidak semua ponsel Android akan mendapatkan update OS Android 10 pada tanggal tersebut. Namun akan disebar secara bertahap.

Dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (27/8/2019), ponsel yang bakal mendapatkan update OS ini adalah jajaran smartphone seri Pixel, mulai dari Pixel 2/2 XL, 3/3 XL, dan 3a/3a XL.

Uniknya, generasi pertama dari seri ponsel Pixel dan Pixel XL, yang diluncurkan pada 2016 silam, juga bakal mendapatkan pembaruan Android 10.

Ini menjadi menarik lantaran pembaruan perangkat lunak biasanya hanya dijamin 2 tahun, sementara ponsel itu sendiri sudah dirilis sejak 3 tahun lalu. Terlepas dari itu, belum ada informasi kapan ponsel Android lainnya bakal mendapatkan update Android 10.

Namun, untuk ponsel-ponsel flagship Samsung teranyar, seperti jajaran seri Galaxy S10 dan Galaxy Note 10, kabarnya bakal mendapat update Android 10 dengan antarmuka OneUI 2.0, paling cepat pada Januari 2020 mendatang.

Untuk diketahui, Android 10 sendiri merupakan OS Android pertama yang diberi nama tanpa embel-embel makanan manis/kue.

Menurut informasi di ranah maya, ada sejumlah fitur terbaru yang bakal disematkan pada Android 10. Beberapa di antaranya adalah dukungan antarmuka untuk ponsel lipat, 5G, Live Captions, Smart Reply, fitur pembaruan senyap, hingga mode gelap (Dark Mode).

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/27/17040037/update-android-10-mulai-disebar-3-september

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke