Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Bakal Punya Fitur Walkie-Talkie?

Sayangnya, rencana itu harus disetop dan belum berlanjut saat ini. Fitur serupa walkie-talkie ini konon dikembangkan bersama Intel, salah satu pemasok modem untuk iPhone.

Dilansir KompasTekno dari Uber Gizmo, Rabu (28/8/2019), alasan berhentinya pengembangan fitur ini salah satunya disebabkan oleh mundurnya Rubén Caballero yang mengepalai proyek ini.

Rubén Caballero yang bergabung dengan Apple sejak 2005, juga mengepalai proyek modem 5G di Apple. Mundurnya Caballero menyebabkan perubahan struktur divisi modem Appple.

Kendati demikian, peluang fitur walkie-talkie untuk tertanam di iPhone masih ada. Apalagi setelah Apple mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel beberapa waktu lalu, dengan nilai 1 miliar dollar AS (Rp 14,2 triliun).

Akuisisi ini mengangkut 2.200 karyawan Intel ke Apple dan juga pengambil alihan kekayaan intelektual dan perlengkapan dari Intel.

Apple disebut-sebut berambisi ingin mengembangkan modemnya sendiri dengan membuka lowongan pekerja sebagai teknisi chip dan modem di dua pabriknya, yakni Santa Clara dan San Diego.

Apabila setelah akuisisi ini fitur walkie-talkie terwujud, nantinya pengguna iPhone akan bisa saling berkomunikasi tanpa pulsa atau koneksi internet. Kemungkinan, fitur ini akan mengandalkan spektrum radio 900 MHz.

Ini agak berbeda dengan walkie-talkie di Apple Watch yang masih mengandalkan koneksi WiFi atau seluler. Belum ada pernyataan resmi dari Apple apakah fitur ini akan kembali dikembangkan atau tidak.

Kita nantikan saja di iPhone terbaru yang kabarnya akan rilis bulan depan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/28/10390057/iphone-bakal-punya-fitur-walkie-talkie-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke