Salin Artikel

Jumlah Like di Facebook Bakal Tak Bisa Dilihat?

Jane Manchung Wong yang seringkali mengoprek aplikasi untuk menemukan fitur baru, mengungkapnya pertama kali.

Wong menemukan fitur ini di Facebook versi Android. Ia juga yang pertama kali menemukan Instagram akan menyembunyikan like pada April lalu, sebelum diuji coba secara bertahap oleh Instagram pada Juli.

Seperti di Instagram, jumlah like hanya akan bisa dilihat oleh kreator atau pemilik akun. Sementara pengikutnya hanya akan melihat like atau reaksi berupa emoji tanpa tersemat jumlah total angka yang didapatkan.

Facebook tidak memberikan detail kapan fitur itu akan resmi dirilis. Mereka juga enggan mengungkap motivasi pasti mengapa harus menyembunyikan jumlah like.

Berkaca dari Instagram, alasan penyembunyian jumlah like adalah untuk mengurangi dampak gangguan mental, di mana sebagian orang merasa cemas apabila jumlah like di postingannya hanya sedikit. Bisa jadi alasan yang sama juga digunakan Facebook.

Beberapa kreator Instagram yang memanfaatkan jumlah like untuk kepentingan bisnis, sempat khawatir fitur ini bisa menurunkan engagement.

Setelah melakukan uji coba di beberapa negara, Facebook enggan membeberkan hasil dari uji coba penyembunyian like di Instagram.

Apabila fitur ini diaplikasikan ke Facebook, bisa jadi dampak positif yang dihasilkan lebih besar ketimbang dampak negatifnya. Uji coba tersebut berlangsung di Kanada, Brasil, Australia, Selandia Baru, Italia, Irlandia, dan Jepang.

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/03/11030017/jumlah-like-di-facebook-bakal-tak-bisa-dilihat-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.