Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kirim Pesan WhatsApp dan Video Call dengan Perintah Suara, Begini Caranya

Dengan menggandeng WhatsApp, kini si asisten virtual Google bisa diperintah dengan suara, untuk mengirim pesan WhatsApp dan melakukan panggilan video atau telepon, tanpa harus menyentuh smartphone.

Sebelumnya, Google Assistant hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dan telepon melalui Google Duo dan Hangout saja.

Dengan demikian, WhatsApp Video maupun WhatsApp Call bisa dilakukan secara hands-free alias tanpa menyentuh layar atau menggenggam ponsel.

Cukup ucap "Hey Google, WhatsApp video (sebut nama kontak)," kepada Google Assistant, seperti dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (7/9/2019).

Namun untuk membuat panggilan telepon, Google belum menjelaskan secara detail, perintah suara seperti apa yang akan digunakan.

Fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp di platform Android. Google mengatakan fitur ini telah tersedia saat ini, namun kemungkinan belum disebar merata di seluruh negara.

Sementara untuk mengirimkan pesan teks WhatsApp dengan perintah suara melalui Google Assistant. Caranya, panggil Assistant Google dengan ucapan "Ok Google".

Sebelum mengirim pesan, pastikan nama kontak di WhatsApp tertulis jelas dan tidak membingungkan Google Assistant. Secara default, Google Assistant akan mengenali perintah suara dan pesan dalam Bahasa Inggris.

Tetapi, pengaturan bahasa bisa diubah, caranya klik ikon kompas setelah memanggil Google Assistant, ikon tersebut ada di sudut kanan bawah. Kemudian buka foto profil di pojok kanan atas, pilih "Asisstant", kemudian "Bahasa", dan tambahkan Bahasa Indonesia.

Setelah pengaturan bahasa selesai, panggil kembali Google Assistant untuk mengirim pesan WhatsApp dengan mengucap "Hey Google, kirim pesan WhatsApp (sebut nama kontak)". Google Assistant akan memastikan lagi kontak yang dimaksud, kemudian menanyakan pesan apa yang ingin dikirimkan.

Sebelum pesan terkirim, ia akan memastikan lagi isi pesan yang akan dikirimkan. Pengguna bisa mengubah pesan apabila ragu, atau langsung mengirimnya jika sudah yakin.

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/08/11310037/kirim-pesan-whatsapp-dan-video-call-dengan-perintah-suara-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke