Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Dituding Menakut-nakuti Pengguna iPhone dengan Celah Keamanan

Bulan lalu misalnya, mereka menemukan ada 14 celah keamanan yang bisa dimanfaatkan peretas untuk mengambil informasi pribadi dari perangkat iPhone. Namun Apple rupanya tidak terima soal ini.

Apple menuding tim Google Project Zero berlebihan dalam mengungkap temuannya dan menakut-nakuti pengguna iPhone

"Postingan Google dikeluarkan enam bulan setelah penambal celah keamanan iOS dirilis. Ini menciptakan kesan yang salah tentang 'eksploitasi masal' untuk memantau aktivitas pribadi semua pengguna iOS secara real-time," sebut Apple.

"Hal tersebut memicu ketakutan di kalangan pengguna iPhone bahwa perangkat mereka tidak aman," lanjut perusahaan berlambang buah apel tergigit itu.

Apple mengaku ketika tim Google mengontak mereka untuk melaporkan celah keamanan, pihaknya tengah dalam proses memperbaiki masalah yang dimaksud.

Celah keamanan itu diklaim Apple telah diperbaiki dalam waktu 10 hari setelah Google memberi tahu mereka.

Proyek menjaga keamanan

Selama ini, perangkat Apple dikenal ketat ihwal keamanan sehingga isu kemanan perangkat menjadi hal sensitif bagi perusahaan. Salah satu upaya untuk menjaga sekuriti produknya adalah dengan membuka program berburu bug di iOS sejak tiga tahun lalu.

Apple menjanjikan hadian ratusan ribu dollar yang kini naik menjadi 1 juta dollar untuk peretas yang bisa menemukan celah keamanan di iOS.

Di sisi lain, Google mengklaim pihaknya tidak diskriminatif dalam mencari celah keamanan. Tidak hanya Apple, software lain seperti Microsoft dan Facebook pun pernah menjadi sasaran.

"Project Zero meurpakan riset teknis yang dirancang untuk memberikan pemahaman lebih tinggi tentang celah keamanan yang mengarah ke strategi pertahanan yang lebih baik," kata seorang juru bicara Google, dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Selasa (9/20/2019).

Mereka mengatakan akan melanjutkan proyek yang telah dikerjakan, baik dengan Apple maupun perusahaan teknologi lain.

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/10/12580087/google-dituding-menakut-nakuti-pengguna-iphone-dengan-celah-keamanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke