Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitter Dikeluhkan Lambat Diakses, Berkaitan dengan Demo Mahasiswa Hari Ini?

Beberapa di antaranya mengaku akses ke Twitter tersendat atau tidak bisa login, namun lancar saat mengakses situs lain.

Dari pantauan KompasTekno, keluhan ini mulai ramai sekitar pukul 09.00 WIB, terutama dari pelanggan ISP Indihome milik Telkom yang mengeluhkan hal ini, meski beberapa lainnya menyebut provider internet lain.

Lambatnya Twitter yang diakses melalui desktop ini berbarengan dengan demo mahasiswa yang sedang berlangsung di gedung DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta.

Kekahwatiran ini muncul setelah pada Senin (23/9/2019), pemerintah mengumumkan pembatasan akses data untuk Kota Wamena, Papua, terkait kericuhan yang terjadi di sana. Mereka khawatir pembatasan akses data meluas ke daerah lain di Indonesia, termasuk Jakarta.

Namun salah satu digital kurator, Wicaksono mengicaukan bahwa tidak ada pelambanan internet di wilayah luar Wamena. Melalui akun pribadinya, @ndorokakung, ia mengaku mendapatkan informasi ini dari salah satu sumber di Kominfo.

Update, Selasa pukul 16.30 WIB: Pemerintah, melalui Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, menyatakan, "tidak melakukan tindakan apapun terhadap Twitter dalam hari-hari ini".

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui pasti penyebab lambannya akses Twitter via desktop.

Selain Kominfo, KompasTekno telah menghubungi pihak terkait lainnya, yakni Telkom dan pihak Twitter Indonesia. Belum ada tanggapan dari kedua pihak tersebut.

Update, Selasa pukul 22.30 WIB, "Kami telah menyelidiki masalah akses ke Twitter yang dialami pengguna di Indonesia hari ini. Kami dapat mengkonfirmasi, bahwa hal tersebut tidak terkait dengan layanan dan jaringan backend kami," kata perwakilan Twitter Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/24/13045527/twitter-dikeluhkan-lambat-diakses-berkaitan-dengan-demo-mahasiswa-hari-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke