Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DJ dan Kreator Konten Sebaiknya Tunda "Update" ke MacOS Catalina

Sebab, MacOS Catalina memiliki sejumlah masalah atau lebih tepatnya sejumlah pembatasan. Untuk para DJ misalnya, banyak DJ populer menggunakan iTunes dan XML file untuk memprduksi musiknya.

Akan tetapi, iTunes resmi pensiun di macOS Catalina dan fungsinya digantikan oleh Apple Music. Dengan berakhirnya iTunes, Catalina menyetop dukungan format file XML. Hal itu dilakukan agar semua musik bisa beralih ke Apple Music menggunakan format file baru.

Padahal, banyak DJ yang menggunakan aplikasi seperti Rekordbox dan Traktor yang hanya bekerja dengan XML file.

Apple menyadari pembatasan ini. Mereka menyarankan agar para DJ menunda pembaruan ke Catalina, dan bertahan dengan MacOS Mojave sampai pengembang aplikasi memperbaiki dukungan format file di Catalina.

Apple juga menegaskan bahwa kabar yang beredar sebelumnya tentang format file XML yang bisa diekspor di Apple Music adalah tidak benar.

Masalah berikutnya kemungkinan akan merepotkan para kreator konten. Sebab, MacOS Catalina tidak mendukung aplikasi 32-bit, setidaknya sampai saat ini. Hanya aplikasi 64-bit yang bisa berjalan di sistem operasi ini.

Salah satu aplikasi yang terkena imbasnya adalah Adobe. Aplikasi editing populer yang banyak digunakan para kreator konten itu baru saja merilis dokumen yang menyebut aplikasinya dan MacOS Catalina tidak cocok.

Ada banyak masalah yang timbul, seperti masalah pada penamaan file dan plug-in yang rusak.

"Anda bisa bertahan dengan MacOS saat ini (Mojave) sampai masalah ini diperbaiki," tulis Adobe.

Pengguna Photoshop yang meng-instal versi lawas 32-bit, juga disarankan tetap bertahan dengan MacOS Mojave. Alasannya sama, aplikasi tersebut tidak didukung MacOS Catalina.

"Adobe tidak merekomendasikan pengguna versi lama Photoshop untuk upgrade ke MacOS Catalina," saran Adobe.

Namun, dihimpun KompasTekno dari Laptopmag, Kamis (10/10/2019), apabila pengguna MacOS tidak terdampak akan masalah-masalah ini, tidak ada salahnya memperbarui perangkatnya ke MacOS Catalina.

Sebab banyak fitur baru yang digulirkan Apple melalui MacOS anyarnya itu. Selain Apple Music, MacOS ini juga memilki sejumlah aplikasi tunggal, hasil pecahan dari iTunes, seperti Apple TV dan Apple Podcast.

MacOS juga memiliki dukungan untuk aplikasi iPad di MacOS dengan Project Catalyst, yang bisa menjalankan beberapa software dari iPad ke MacBook atau Mac.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/10/14090097/dj-dan-kreator-konten-sebaiknya-tunda-update-ke-macos-catalina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke