Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daripada "Go Global", Tokopedia Lebih Pilih "Go Local" ke Desa-desa

Namun, beda halnya dengan e-commerce Tokopedia, yang mengaku lebih tertarik mengembangkan bisnis di dalam negeri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

"Buat kami 'go local' lebih asyik dari pada 'go global'," umbar CEO sekaligus Co-founder Tokopedia, William Tanuwijaya dalam acara diskusi "Dampak Tokpedia Terhadap Perekonomian Indonesia" yang digelar di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Menurut WIlliam, potensi dan peluang mengembangkan wirausahawan lokal masih besar.
Ia mengatakan ada 100 juta masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan.

"Kalau Tokopedia bisa membantu pengusaha desa menjadi pengusaha nasional, ini akan menjadi ruang pertumbuhan berikutnya," jelasnya.

"Setelah go local dan pemerataan mulai terjadi, baru go global," lanjut William yang berambisi bisa berkontribusi hingga 5 persen untuk pertumbuhan ekonomi dalam negeri 10 tahun mendatang melalui Tokopedia.

Langkah "go local" sudah mulai dilakukan. Salah satunya bekerja sama dengan pemerintah Jawa Barat untuk membangun sekitar 5.000 desa digital.

Desa-desa ini akan memiliki Tokpedia Centre, yang bakal menjadi pusat literasi digital warga pedesaan dari segala macam profesi, agar bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pendapatan.

William menyadari, pengembangan di pedesaan lebih menantang daripada kota besar, terutama soal infrastruktur.

"Tapi ini juga jadi peluang, bagaiamana tanpa harus urbanisasi dan pembangunan pusat perbelanjaan di desa, masyarakat tetap bisa mendapatkan harga terjangkau," jelasnya.

Dengan adanya Tokopedia Centre, ia berharap harga barang akan lebih transparan dan akses terhadap barang menjadi merata.

Selain Jawa Barat, WIlliam enggan menyebutkan target daerah lain. Namun ia berharap kerja sama dengan pemerintah Jawa Barat bisa menjadi contoh untuk kemitraan dengan pemerintah daerah lain ke depannya.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/11/11100037/daripada-go-global-tokopedia-lebih-pilih-go-local-ke-desa-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke