Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modem 5G Apple Diprediksi Baru Hadir di 2022, Bagaimana Nasib iPhone?

Menurut seorang sumber yang dekat dengan hal ini, Apple diperkirakan baru akan bisa memproduksi modem 5G buatannya sendiri pada 2022 mendatang. Pada tahun itu pula sumber tersebut mengatakan bahwa Apple memiliki rencana bisnis yang agresif.

Sang sumber tak menjelaskan secara rinci apa maksud dari kata "agresif" yang ia utarakan. Dia hanya mengatakan bahwa Apple sudah merancang semua timeline untuk tahap pengembangan, uji coba, hingga proses sertifikasi modem.

Meski baru akan selesai diproduksi tiga tahun lagi, bukan berarti pecinta iPhone harus menunggu selama itu untuk mendapatkan iPhone yang mendukung jaringan 5G.

Sebab, Apple sampai saat ini masih mengandalkan chip modem pasokan dari Qualcomm dan ada kemungkinan perusahaan asal San Diego, California, Amerika Serikat itu bisa mendistribusikan modem 5G untuk iPhone dalam waktu dekat.

Hubungan Apple dan Qualcomm sendiri saat ini kian membaik setelah bertahun-tahun terlibat soal sengketa pembayaran lisensi teknologi. Kedua perusahaan ini memutuskan untuk saling berdamai pada bulan April lalu.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Trusted Reviews, Senin (14/10/2019) Apple sendiri mulai serius untuk mengembangkan modem 5G secara mandiri saat bersengketa dengan Qualcomm sejak tahun 2017.

Tak heran jika Apple kemudian memutuskan untuk mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel pada bulan Juni lalu. Upaya akuisisi bisnis ini bisa disebut sebagai langkah besar untuk mengembangkan 5G di iPhone.

Apple memang cukup terlambat dalam mengadopsi jaringan generasi kelima ini. Pasalnya saat ini sudah banyak vendor Android yang lebih dulu menelurkan smartphone 5G yang mengandalkan chip besutan Qualcomm.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/14/16290027/modem-5g-apple-diprediksi-baru-hadir-di-2022-bagaimana-nasib-iphone-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke