Salin Artikel

Produksi Prosesor Intel dengan Pengolah Grafis AMD Radeon Dihentikan

KOMPAS.com -Beberapa waktu lalu Intel membuat kejutan dengan merangkul seterunya, AMD, untuk membuat prosesor Core dengan pengolah grafis Radeon. Tapi umur seri produk untuk laptop itu ternyata tak panjang.

Pekan lalu, Intel sudah mengumumkan rencana menghentikan produk dimaksud, yakni lini prosespr "Kaby Lake-G" yang terdiri dari beberapa model Core i7 dan Core i5.

Dalam sebuah keterangan terulis, Intel menyebutkan bahwa keputusan tersebut diambil lantaran "minat pasar sudah bergeser ke produk lain".

Kendati demikian, para pabrikan laptop masih bisa memesan prosesor seri Kaby Lake-G hingga 31 Januari 2020 mendatang, untuk dikapalkan selambat-lambatnya pada bulan Juli 2020.

Intel berjanji bakal terus penyalurkan pembaruan driver untuk prosesor yang terkena dampak penghentian produksi ini hingga 3 atau 3,5 tahun ke depan,

Belum ada indikasi posisi kosong yang ditinggalkan oleh Kaby Lake-G bakal diambil alih produk lain, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Senin (14/10/2019).

Ada kemungkinan segmen pasar laptop Kaby Lake-G ini bakal diisi oleh laptop yang dibekali dengan prosesor Intel Core seri "Ice Lake" atau generasi ke-10 dengan kartu grafis terintegrasi yang disebut "Iris".

Prosesor Core i7 dan Core i5 pertama dari keluarga Kaby Lake-G pertama kali diperkenalkan pada awal 2018. Intel konon sengaja menggandeng rivalnya, AMD, dalam pembuatan seri prosesor ini untuk menjegal seteru lainnya, Nvidia, sang pembuat GPU GeForce.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/14/17290657/produksi-prosesor-intel-dengan-pengolah-grafis-amd-radeon-dihentikan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.