Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CEO Huawei Sesumbar Harmony OS Bakal Saingi Apple iOS

Meski belum berencana memboyong HarmonyOS ke perangkat smartphone, CEO Huawei Ren Zhengfei justru percaya diri OS tersebut bakal bisa menyaingi sistem operasi iPhone, iOS besutan Apple, dalam beberapa tahun ke depan. 

Hal itu disampaikan oleh Zhengfei, dalam sebuah wawancara.

"Saya pikir itu (HarmonyOS menyaingi iOS) akan memakan waktu kurang dari dua hingga tiga tahun," kata Zhengfei, tampa merinci aspek apa dari iOS yang akan dikejar oleh HarmonyOS.

Kendati demikian, Zhengfei sebenarnya tidak sepenuhnya percaya kepada HarmonyOS untuk dijalankan di ponsel-ponsel Huawei.

Sebab, ia ternyata masih menaruh harapan kepada AS agar smartphone Huawei kembali dibolehkan memakai sistem operasi Android besutan Google.

"Kami masih berharap untuk terus menggunakan sistem operasi Google (Android), dan kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan Google," jelas Zhengfei.

"Kami masih perlu berkembang dalam hal perangkat lunak. Kami agak lemah dalam hal arsitektur perangkat lunak besar," imbuhnya.

HarmonyOS merupakan sebuah sistem operasi alternatif yang diluncurkan oleh Huawei setelah dimasukkan ke daftar hitam perdagangan bernama entity list oleh pemerintah AS.

Gara-gara blacklist tersebut, perusahaan-perusahaan AS -termasuk Google- tidak boleh menjual produk dan layanannya ke Huawei. Pabrikan China itu pun terpaksa membuat OS sendiri sebagai pengganti.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/16/06490077/ceo-huawei-sesumbar-harmony-os-bakal-saingi-apple-ios-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke