Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GoJek Punya CEO Baru, Ini Tanggapan Investor

KOMPAS.com - Senin kemarin, Nadiem Makarim mengonfirmasi ia sudah melepas jabatan CEO-nya di perusahaan ride-hailingGoJek. Langkah tersebut diambil lantaran ia menerima tawaran Presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Bersamaan dengan itu, manajemen GoJek pun menunjuk Presiden GoJek Grup, Andre Soelistyo dan Co-Founder GoJek, Kevin Aluwi sebagao co-CEO GoJek, untuk menggantikan posisi Nadiem. 

Mendengar transisi kepemimpinan dari Nadiem ke Andre dan Kevin, para investor besar GoJek pun menyampaikan tanggapannya. Mereka adalah Google, Tencent, Warburg Pincus, Kohlberg Kravis Roberts (KKR), hingga Sequoia Capital.

Secara keseluruhan, jajaran investor yang mendanai GoJek ini kompak menyambut baik langkah dan keputusan perusahaan ride-hailing asal Indonesia itu untuk menjadikan Andre dan Kevin sebagai pengganti Nadiem.

"Kami berharap dapat terus bermitra dengan Andre dan Kevin saat mereka mengambil alih kepemimpinan (GoJek)," kata General Manager and VP Payments and Next Billion Users Google, Caesar Gupta, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (22/10/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Vice President Internatioal Business Group of Tencent, Poshu Yeung. Menurutnya, Andre dan Kevin adalah sosok dengan bakat yang bukan main-main.

"Kami percaya bahwa kepemimpinan mereka akan membawa GoJek ke tingkat pembangunan selanjutnya di Indonesia dan selanjutnya di Asia Tenggara," ujar Yeung.

Jeffrey Perlman selaku Managing Director Head of Southeast Asia Warburg Pincus pun berkata serupa.

Menurut Jeffrey, Andre dan Kevin memegang peranan penting di GoJek lantaran telah turut berkolaborasi mengembangkan perusahaan ride-hailing ini ke skala yang lebih besar.

"Saya sangat yakin GoJek akan terus berkembang dan menjadi pemain penting di pasar global dalam kepemimpinan Andre dan Kevin," ungkap Jeffrey.

Di keterangan yang sama, pihak KKR, yang diwakili Ashish Shastry selaku Co-Head of Asia Pacific Private Equity and Head of Southeast Asia, memberikan selamat kepada Andre, Kevin, dan juga Nadiem karena mereka telah menyabet jabatan yang baru.

"Saya kenal Andre, Kevin, dan Nadiem dari masa sebelum GoJek (besar) dan saya sangat yakin bahwa mereka semua akan memberikan dampak yang besar dalam peran baru yang diemban," imbuh Shastry.

Sementara Managing Director Sequoia Capital (India) Singapura, Shailendra Singh menuturkan bahwa Andre dan Kevin adalah dua orang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang dinamis, dengan visi yang terfokus pada tujuan.

Dengan begitu, Singh pun percaya bahwa GoJek juga bakal berkembang di tangan dua pemimpin muda ini.

"Kami berterima kasih kepada Nadiem untuk peran kepemimpinannya sejak awal didirikannya GoJek, kami juga optimis bahwa Andre dan Kevin akan membawa GoJek ke tingkat yang lebih tinggi,” pungkas Shailendra.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/22/17030027/gojek-punya-ceo-baru-ini-tanggapan-investor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke