Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Uji Coba Fitur Rekomendasi "Unfollow"

Instagram kabarnya tengah menguji coba fitur baru untuk mempermudah pengguna menyisir daftar following sehingga bisa menemukan akun-akun macam itu.

Tujuannya tak lain memberikan rekomendasi tentang siapa saja yang bisa berhenti diikuti alias unfollow sehingga daftarnya bisa lebih ringkas.

Keberadaan fitur ini ditemukan pertama kali oleh programmer Jane Manchun Wong yang dikenal sering mengoprek aplikasi, termasuk Instagram. Jane kerap menjumpai fitur-fitur baru yang belum dirilis dalam baris kode software.

Kategori tersebut mencakup "Least Interacted With" dan "Most Shown in Feed".

Kategori "Least Interacted With" memungkinkan pengguna melihat sejumlah akun Instagram yang jarang mengunggah konten atau yang jarang tampil di feed Instagram mereka.

Kemudian kategori "Most Shown in Feed", seperti namanya, bakal menampilkan sejumlah akun yang diikuti oleh pengguna yang sering tampil di linimasa Instagram mereka.

Fitur ini sendiri, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Rabu (23/10/2019), bakal memisahkan daftar akun yang pengguna ikuti ke dua kategori tadi berdasarkan aktivitas di feed pengguna dalam 90 hari terakhir.

Meski demikian, belum ada informasi kapan fitur ini akan benar-benar diimplementasikan oleh Instagram. Kehadirannya sekarang baru sebatas uji coba saja.

Terkait fitur "Following", beberapa pekan lalu Instagram diam-diam menghilangkan fitur "Following tab" di laman "Activity".

Fitur tersebut biasa digunakan untuk "stalking" atau melihat-lihat apa saja yang disukai, dikomentari, atau diikuti "following" (akun yang diikuti) dalam beberapa jam terakhir.

Following tab bisa ditemukan dengan mengetuk tab notifikasi atau ikon hati, lalu menggeser layar ke kanan. Kini setelah Instagram menghapusnya, tinggal notifikasi pemilik akun saja yang tersisa.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/23/12460097/instagram-uji-coba-fitur-rekomendasi-unfollow-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke