Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan XL Axiata Bangun BTS USO di Daerah Pelosok

BTS USO tersebut akan dibangun di daerah pelosok di berbagai provinsi, seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan wilayah Nusa Tenggara. Ada alasannya mengapa XL memilih wilayah di luar Jawa.

"Kenapa XL berpartisipasi di USO? Karena sesuai dengan strategi kami yang terus ekspansi di luar Jawa," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Minggu (27/10/2019) malam.

Tahun lalu, XL berpartisipasi membangun 64 jaringan USO. Tahun 2020 mendatang rencananya akan da sekitar 250 BTS USO.

Yessie mengakui, di pelosok yang menjadi sasaran jaringan USO, pelanggannya memang tidak banyak. Sebab, daerah jaringan USO merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Namun, tetap pemerintah melihat daerah ini punya potensi dan tidak boleh ditinggalkan," ujar dia.

Pembangunan jaringan USO juga tidak semuanya ditanggung XL. Mereka bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo dalam hal ini.

Yessie menerangkan, pihaknya memandang pembangunan BTS USO layaknya memodali startup. Saat daerah sudah terjangkau oleh sinyal internet dari BTS, bakal ada banyak potensi yang bisa digali.

"Daerah harusnya berkembang kalau masuk internet, ada ekonomi baru, orang bisa buka online shop, tourism, ekonomi akan berkembang dalam beberapa tahun, baru operasionalnya kami ambil," ujar dia.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/29/07100067/alasan-xl-axiata-bangun-bts-uso-di-daerah-pelosok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke