Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkominfo Johnny Plate Komentari Persiapan 5G di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika yang belum lama ini dilantik, Johnny G Plate, juga turut mengomentari persiapan 5G di Indonesia.

Menurut Johnny sebelum merealisasikan jaringan 5G, Indonesia harus menuntaskan pemerataan seluruh jaringan terlebih dahulu. Jaringan tersebut mencakup 2G, 3G, hingga 4G.

Menkominfo Johnny menegaskan bahwa hal tersebut adalah proses yang harus diikuti dalam menyediakan jaringan 5G sebelum benar-benar diimplementasi.

"Kalau ambisi, kita juga ingin. Tapi ada tahapannya. Masih ada di wilayah kita yang 2G, 3G, 4G. Selesaikan semuanya dengan baik dulu," kata Johnny saat ditemui di kantor Kementerian Kominfo, Senin (28/10/2019).

Ia pun menambahkan bahwa saat ini memang sudah ada diskusi terkait pemanfaatan pita frekuensi agar lebih baik ketika digunakan dalam menggelar jaringan 5G.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan bahwa saat ini Indonesia berada salam tahap menyediakan ekosistem 5G.

Ekosistem tersebut mencakup aplikasi, hingga model bisnis. Menurut Ismail, ekosistem ini menjadi penting agar Indonesia bisa menyediakan jaringan 5G dalam waktu yang tepat.

"5G bukan standalone, tapi berkelanjutan. 4G sudah jadi landasan untuk deliver 5G. Pada saatnya, Indonesia akan tepat waktu. Tidak perlu buru-buru atau telat," kata Ismail.

Beberapa waktu lalu, sebuah studi yang dilakukan perusahaan penyedia jaringan asal Amerika Serikat, Cisco, menyebut bahwa pengguna jaringan 5G di Indonesia berpotensi mencapai angka 100 juta pelanggan.

Angka tersebut menurut Cisco akan dicapai pada tahun 2025 mendatang. Sementara implementasi jaringan 5G di Indonesia diperkirakan akan dimulai pada 2023.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/29/09250007/menkominfo-johnny-plate-komentari-persiapan-5g-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke