Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiap Hari, Google Selalu Diminta Mencari Hal Baru

"Setiap hari, 15 persen pencarian adalah pencarian baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya," ungkap Danny Sullivan, Search Liaison Google dalam sebuah acara temu media di kantor Google Indonesia, Selasa (29/10/2019).

Semua pencarian tersebut diketik dalam berbagai bahasa dari seluruh dunia. Informasi baru yang dicari misalnya isu-isu baru yang sedang ramai diperbincangkan. Danny mengatakan memang belum ada sistem super canggih untuk mengantisipasi pencarian-pencarian baru.

"Karena hal itu belum terjadi kami tidak bisa mengantisipasi. Tapi yang pasti kami mencoba memberikan hasil pencarian yang lebih baik," ujarnya.

Misalnya, Google melakukan 595.429 percobaan kualitas pencarian, 15.096 percobaan live traffic, dan beberapa percobaan lain. Google juga memperbarui algoritma untuk menyaring hasil pencarian berkualitas rendah atau berisi informasi yang menyesatkan.

Dalam kesempatan yang sama, Danny juga memperkenalkan sistem baru Google bernama BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers). Sistem ini dijanjikan bisa memberikan hasil pencarian lebih spesifik dan relevan.

BERT menggunakan teknik open source berbasis jaringan neural untuk pelatihan awal natural language processing (NLP). Sederhananya, BERT akan lebih bisa memahami semua kata yang dimasukan ke dalam kolom pencarian.

Ia akan menghubungkan keterkaitan antar kata untuk memberikan hasil pencarian yang lebih spesifik. BERT merupakan peningkatan dari machine learning Google Search selama ini yang baru bisa memahami kata-kata kunci yang dianggap unik saja.

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/29/19350047/tiap-hari-google-selalu-diminta-mencari-hal-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke