Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ultimaker Rilis Dua Printer 3D Terbaru di Indonesia

Benjamin Tan, selaku Vice President of Asia Pacific Ultimaker mengatakan bahwa produk 3D printer yang baru diluncurkan di Tanah Air ini hadir untuk menyongsong Industri 4.0, serta memenuhi kebutuhan para pelaku industri dan pengadopsi 3D printer pemula di Indonesia.

"Ultimaker S5 memungkinkan perusahaan besar menciptakan lebih banyak model aplikasi, dengan kapasitas produksi yang lebih tinggi," ujar Tan dalam acara peluncuran yang digelar di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (6/11/2019).

"Ultimaker S3 dirancang untuk perusahaan pemula yang ingin memiliki printer 3D dengan pengaplikasian yang mudah," tambah Tan. Sementara itu, Ultimaker S5 mengunggulkan aspek daya tahan.  Tan mengklaim printer ini bisa beroperasi 26 hari berturut-turut tanpa henti.

Untuk mencetak objek 3D, Ultimaker S5 mampu menampung hingga enam filamen (bisa dibilang "tinta" untuk printer 3D) dengan material beragam, mulai dari padat (fiber, baja, kaca, dan sebagainya) hingga fleksibel.

Ultimaker S3 hanya bisa menampung dua filamen dan belum bisa memproses material berbahan super padat seperti "kakaknya".

Selain kapasitas dan filamen, dimensi kedua printer juga berbeda. Ultimaker S3 ukurannya lebih kecil dibandingkan S5, sehingga volume benda yang bisa dicetak pun lebih kecil.

Kedua 3D printer ini sama-sama memiliki layar sentuh mungil di bagian depannya yang bisa dimanfaatkan untuk pengoperasian printer dah menampilkan durasi berikut status pencetakan.

Soal harga, 3D printer Ultimaker S5 dijual dengan bundling bersama komponen Air Manager (pembuangan udara) serta Material Station (penampung filamen) dan sudah bisa dibeli melalui Sentral dengan harga Rp 175.000.000.

https://tekno.kompas.com/read/2019/11/06/14150077/ultimaker-rilis-dua-printer-3d-terbaru-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke